Jelaskan lapisan Atmosfer bumi!

Jelaskan lapisan Atmosfer bumi!

Jawaban :

Atmosfer dapat diartikan sebagai lapisan udara yang menyelimuti planet Bumi. Lapisan-lapisan atmosfer mengandung gas nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0,9%), karbondioksida (0,03%), dan uap air, krypton, neon, xenon, hydrogen, kalium, ozon (0,7%). Atmosfer tersusun dari beberapa lapisan yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ionosfer, dan eksosfer.

Lapisan-lapisan atmosfer:

1. Troposfer adalah lapisan paling dasar yang dekat dengan bumi dengan ketinggian 0-12 km. Fungsi dari lapisan troposfer yaitu untuk menjaga kestabilan udara di bumi.

2. Stratosfer adalah lapisan kedua dengan ketinggian 12-50 km. Lapisan stratosfer digunakan sebagai lalu lintas penerbangan pesawat dan terdapat lapisan ozon yang berfungsi melindungi permukaan bumi dan gelombang radiasi sinar ultraviolet matahari yang membahayakkan jika terkena kulit manusia.

3. Mesosfer adalah lapisan ketiga dengan ketinggian 50-85 km. Selain berfungsi melindungi bumi dari jatuhnya benda-benda luar angkasa seperti meteor, komet, dan benda-benda asing lainnya.

4. Ionosfer atau Termosfer memiliki ketinggian 85-500 km, yang juga berfungsi menjadi tempat pemantulan gelombang radio.

5. Eksosfer adalah lapisan dari atmosfer yang berada di bagian paling luar dengan ketinggian lebih dari 500km dari permukaan bumi. Fungsi dari lapisan eksosfer adalah sebagai pelindung pertama bumi terhadap sinar matahari dan berfungsi sebagai zona transisi antara atmosfer bumi dengan ruang hampa udara di luar angkasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.