Sebutkan 4 bangsa eropa yang menjajah bangsa indonesia

Sebutkan 4 bangsa eropa yang menjajah bangsa indonesia?

Jawaban :

4 bangsa Eropa yang menjajah Indonesia ialah Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris.

Penjelasan :

Praktik penjajahan dari bangsa Eropa ialah diawali dengan penjelajahan atau kkspedisi Samudra yang dilakukan oleh bangsa Eropa ialah dipicu oleh jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani. Konstantinopel ialah merupakan wilayah penting bagi Eropa dan Asia, wilayah tersebut menjadi penghubung perdagangan. Pada tahun 1453, Turki Ustmani dibawah pimpinan Sultan Mehmed II berhasil menaklukan Konstantinopel. Seperti yang diketahui bahwa kekuasaan yang baru ialah muslim. Eropa yang sangat bergantung kepada pusat perdagangan di Konstantinopel pada akhirnya menghentikan aktivitas perdagangan tersebut, dan melakukan pelayaran ke tempat-tempat penghasil barang dagangan yang penting yakni Eropa seperti rempah-rempah. Hal tersebut dilatarbelakangi karena penguasa Turki tersebut menjalankan politik yang mempersulit bangsa Eropa melakukan aktivitas perdagangan di Konstantinopel, Oleh karena itu, bangsa Portugis sebagai bangsa yang melopori pelayaran berusaha keras untuk bisa sampai ke wilayah yang dituju yakni Asia dan Afrika. Penjelajahan Samudra dari bangsa Eropa dengan semangat 3G yakni Glory (mencari kejayaan), Gold (mencari kekayaan), dan Gospel (Menyebarkan agama). Adapun bangsa Eropa yang melakukan praktik penjajahan di Indonesia antara lain ialah:

1. Portugis, dimana bangsa ini pertama datang dibawah pimpinan Afonso de Albuquerque yakni dengan ditandai terlebih dahulu penaklukan Malaka pada tahun 1511. Lalu kemudian armada Portugis dikirim ke Maluku pada tahun 1512 dibawah pimpinan Antonio de Abreu dan Fransciso Serrao.

2. Spanyol. Kedatangan bangsa ini memang diluar dari ekspektasi karena jalur dari pelayarannya sampai di Maluku dan bertemu dengan Portugis. Spanyol mencapai Maluku dibawah pimpinan Sebastian del Cano pada 1521. Hingga akhirnya bangsa ini meninggalkan Maluku akibat adanya perjanjian Saragosa pada tahun 1529.

3. Belanda. Proses kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia dimulai dengan keinginan Belanda menemukan jalur langsung perdagangan rempah-rempah, sehingga mereka mengirim eksedisi yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman pada tahun 1592. Niatnya adalah untuk berdagang maka kehadirannya diterima baik oleh rakyat, namun semakin lama niat tersebut berubah dengan keinginan menguasai perdagangan. Kesuksesan ekspedisi De Houtman ini diikuti dengan lahirnya VOC pada tahun 1602. Aktivitas VOC kemudian berkembang hingga kemudian terbentuk pemerintahan Hindia Belanda pada 1800.

4. Inggris. Kekuasaan Inggris di wilayah Hindia Belanda atau Indonesia saat ini ialah bermula dari Perjanjian Tuntang yakni pada taun 1811, dimana kekuasaan wilayah Indonesia diberikan kepada Inggris. Inggris kemudian menunjuk perwakilannya sebagai Gubernur Jenderal yakni Thomas Stamford Raffles. Salah satu kebijakan dari Raffles yang terkenal ialah land rent atau sewa tanah, dimana pada intinya masyarakat dapat menyewa tanah kepada pemerintah dengan pembayaran pajak. Kekuasaan Inggris berakhir di Indonesia ialah pada tahun 1816 sebab Belanda berkuasa kembali.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …