Salah satu contoh pengolahan sumber daya alam?

Salah satu contoh pengolahan sumber daya alam?

Jawaban :

Salah satu contoh pengolahan sumber daya alam adalah membuat bahan bakar alternatif seperti biogas dan biofuel.

Pembahasan :

Sumber Daya Alam (SDA) adalah kekayaan alam yang terdapat di bumi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 jenis yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya yang dapat diproduksi kembali dalam waktu relatif cepat, misalnya air, tanah, dan tumbuhan. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharuhi adalah sumber daya yang tidak dapat diproduksi kembali dalam waktu relatif cepat, artinya dapat habis sewaktu-waktu jika digunakan secara terus-menerus. Contohnya adalah batu bara, minyak bumi, dan fosil.

Sumber daya alam dapat diolah menjadi bahan bakar alami. Contohnya adalah membuat biogas dan biofuel. Biogas menggunakan fermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri yang hidup di lingkungan tanpa oksigen (anaerob. Sementara biofuel dibagi menjadi dua jenis yaitu etanol dan biodiesel. Etanol dibuat dari tumbuhan seperti jagung, sorgum, dan singkong. Sementara biodiesel dibuat dari lemak nabati.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …