Yang merupakan arti dari Pancasila yang pertama

Yang merupakan arti dari Pancasila yang pertama…

Jawaban :

Sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa, mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius, yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Penjelasan :

Kelima sila pancasila dilambangkan dalam sebuah simbol-simbol tertentu. Salah satunya, adalah sila pertama Pancasila, yakni Ketuhanan yang Maha Esa disimbolkan dalam gambar bintang berwarna kuning dengan sudut lima dan memiliki latar belakang berwarna hitam. Simbol tersebut mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius, yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Selain itu, negara melindungi kemerdekaan tiap-tiap penduduk Indonesia untuk memeluk agamanya masing-masing serta untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya. Negara memberikan kebebasan kepada pemeluk agama sesuai dengan keyakinannya, tidak ada paksaan, dan antar penganut agama yang berbeda harus saling hormat menghormati dan bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.