Bagaimana proses pertumbuhan padi?

Bagaimana proses pertumbuhan padi?

Jawaban:

Proses pertumbuhan padi dibagi ke dalam 3 fase, yaitu fase vegetatif, generatif, dan pematangan.

Beras merupakan salah satu sumber makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut membuat tanaman padi (π˜–π˜³π˜Ίπ˜»π˜’ 𝘴𝘒𝘡π˜ͺ𝘷𝘒) banyak dibudidayakan untuk dapat mencukupi permintaan tersebut. Terdapat beragam varietas tanaman padi yang tersebar di Indonesia, mulai dari jenis padi yang biasa ditanam di sawah hingga padi yang dapat ditanam di lahan yang lebih kering. Secara umum, padi membutuhkan sekitar 120 hari untuk bisa dipanen. Selama masa pertumbuhan tersebut, tanaman padi akan melewati beberapa fase meliputi:

1. Fase vegetatif (0-60 hari). Fase vegetatif adalah fase awal pertumbuhan sampai terbentuk malai. Terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat fase ini, yaitu pemupukan dilakukan dengan lengkap pada media tanam setidaknya 1 minggu setelah padi dipindah tanam dan bukan pada waktu persemaian. Padi sangat memerlukan nutrisi seimbang pada tahap ini. Umumnya sebagian varietas padi akan membentuk anakan setelah terbentuk daun ke-5 hingga ke-15 setelah sebar. Semakin banyak anakan yang terbentuk maka semakin besar peluang untuk mendapatkan hasil panen yang lebih banyak.

2. Fase generatif (60-90 hari). Fase generatif adalah fase pembentukan malai sampai pembungaan. Fase ini ditandai dengan memanjangnya ruas teratas pada batang, berkurangnya jumlah anakan yang akan terbentuk, munculnya daun, dan pembungaan. Fase pembungaan membutuhkan waktu selama 10 hingga 14 hari. Fase ini bisa disebut fase pembungaan bila 50% bunga telah keluar.

3. Fase pematangan (90-120 hari). Fase pematangan adalah fase pembungaan sampai gabah matang. Fase ini terbagi kedalam 4 tahapan, yaitu masak susu, kuning, penuh, dan mati. Pada tahap masak penuh, seluruh tanaman sudah berwarna kuning (termasuk buku atas) dan batang mulai mengering. Tahap ini terjadi sekitar 7 hari setelah tahap masak kuning dan sangat dianjurkan untuk dilakukan pemanenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.