Apa fungsi kelopak bunga?

Apa fungsi kelopak bunga?

Jawaban:

Jawabannya yaitu melindungi bunga yang masih muda dan melindungi kuncup ketika bunga sedang berkembang.

Bunga merupakan alat reproduksi seksual yang ada pada tumbuhan yang berbunga. Terdapat bagian-bagian bunga yang memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Berikut ini adalah bagian-bagian pada bunga dan masing-masing fungsinya.

1. Kelopak bunga, merupakan terluar yang ada pada bunga. Warna dari kelopak bunga biasanya memiliki warna hijau seperti warna daun. Jika dilihat secara sekilas, kelopak bunga ini hampir mirip dengan daun. Kelopak bunga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan daun. Kelopak bunga berfungsi untuk melindungi bunga yang masih muda dan melindungi kuncup ketika bunga sedang berkembang.

2. Mahkota bunga, berfungsi sebagai pemberi warna dan keindahan pada bunga. Faktanya warna-warni yang ada pada bunga ditujukan untuk menarik perhatian serangga agar nantinya dapat membantu proses penyerbukan.

3. Benang sari, berperan sebagai alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari.

4. Putik, berperan sebagai alat kelamin betina. Putik tersusun dari beberapa bagian, diantaranya adalah kepala putik, tangkai putik dan bakal buah.

5. Tangkai bunga, berfungsi sebagai penyokong dan penghubung antara bunga dengan ranting.

 

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …