Mengapa Indonesia harus ikut berperan dalam kerja sama ekonomi ASEAN? Jelaskan

Mengapa Indonesia harus ikut berperan dalam kerja sama ekonomi ASEAN? Jelaskan…

Jawaban :

Indonesia harus ikut berperan aktif dalam kerja sama ekonomi ASEAN karena salah satu tujuan ASEAN adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara anggotanya. Agar tujuan tersebut tercapai, maka diperlukan kerja sama dari seluruh anggota ASEAN agar dapat memberi manfaat pada tiap negara anggota ASEAN.

Penjelasan :

ASEAN merupakan organisasi yang terdiri dari negara-negara di Asia Tenggara. ASEAN terdiri atas 10 negara anggota, salah satunya adalah Indonesia. Indonesia memiliki kerjasama dengan negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang ekonomi. Peran aktif Indonesia dalam kerja sama bidang ekonomi di ASEAN sangat diperlukan. Hal ini untuk mencapai salah satu tujuan ASEAN yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara anggotanya. Negara-negara di ASEAN harus saling membantu dalam berbagai bidang. Misalnya terdapat suatu negara yang mengalami krisis, maka negara lain harus berperan untuk membantu. Agar tujuan tersebut tercapai, maka diperlukan kerja sama dari seluruh anggota ASEAN agar dapat memberi manfaat pada tiap negara anggota ASEAN.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa alasan Indonesia harus ikut berperan aktif dalam kerja sama ekonomi ASEAN karena salah satu tujuan ASEAN adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara anggotanya. Agar tujuan tersebut tercapai, maka diperlukan kerja sama dari seluruh anggota ASEAN agar dapat memberi manfaat pada tiap negara anggota ASEAN.

Tinggalkan komentar