Tuliskan 2 perbedaan otot lurik dan otot polos!

Tuliskan 2 perbedaan otot lurik dan otot polos!

Jawaban:

Dua perbedaan antara otot lurik dan otot polos yaitu otot lurik terletak pada rangka manusia, sedangkan otot polos menyusun organ-organ dalam tubuh (kecuali jantung). Selain itu, otot lurik merupakan otot volunter (otot sadar) yang bekerja dibawah pengaruh saraf sadar, sedangkan otot polos merupakan otot involunter (otot tak sadar) karena geraknya tidak menuruti perintah yang diinginkan.

Otot terbagi menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Otot lurik disebut juga otot rangka merupakan otot yang terletak pada rangka manusia dan menggerakan rangka. Otot lurik memiliki bentuk seperti serabut-serabut halus memanjang (miofibril). Sel otot rangka berbentuk silindris panjang dan intinya berbentuk lonjong berjumlah banyak. Otot lurik merupakan otot volunter (otot sadar) yang bekerja dibawah pengaruh saraf sadar, cepat bereaksi ketika ada stimulus (rangsangan), kontraksinya kuat, tetapi cepat lelah.

Otot polos merupakan jaringan otot yang menyusun organ-organ dalam tubuh (kecuali jantung) dengan struktur berbentuk gelendong dan memiliki satu inti sel yang berbentuk oval terletak di tengah sel. Otot polos merupakan otot involunter (otot tak sadar) karena geraknya tidak menuruti perintah yang diinginkan. Aktivitasnya lambat, tetapi mampu berkontraksi dalam jangka waktu yang lama dan tiak mudah cepat lelah.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …