Sebutkan ciri-ciri hewan avertebrata!

Sebutkan ciri-ciri hewan avertebrata!

Jawaban:

Invertebrata atau avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang punggung atau kolom vertebral.

Ciri-ciri hewan avertebrata yaitu:

  • Berdasarkan lapisan tubuhnya, avertebrata terbagi ke dalam dua jenis, yaitu diploblastik dan triploblastik. Diploblastik adalah hewan yang memilki dua lapisan tubuh, yaitu endoderm (lapisan dalam) dan eksoderm (lapisan luar. Di sisi lain, triploblastik adalah hewan yang mempunyai 3 lapis sel tubuh, yaitu endoderm, eksoderm, dan mesoderm (lapisan tengah).
  • Invertebrata tidak memiliki tulang endoskeleton keras karena kurangnya sistem tulang yang kompleks, beberapa invertebrata cenderung lambat dan berukuran kecil di alam. Karena kurangnya tulang punggung dan sistem saraf kompleks invertebrata tidak dapat menempati beberapa lingkungan, meskipun mereka ditemukan di lingkungan yang keras.
  • Tubuh Invertebrata dibagi menjadi tiga bagian – kepala, dada dan perut. Mereka tidak memiliki paru-paru untuk respirasi. Respirasinya terjadi melalui kulit. Beberapa kelompok invertebrata memiliki eksoskeleton keras dari kitin. Kebanyakan dari mereka memiliki jaringan, dengan organisasi sel tertentu.
  • Kebanyakan hewan Invertebrata bereproduksi secara seksual oleh fusi gamet jantan dan betina.
  • Beberapa invertebrata seperti spons yang menetap, tetapi sebagian besar organisme adalah motil.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …