Jelaskan letak geografis negara Jepang!

Jelaskan letak geografis negara Jepang!

Jawaban :

Berbatasan dengan Laut Jepang dan Selat Korea, Samudra Pasifik, Laut Okhstosk, Laut Filipina dan Laut Cina Timur.

Jepang menjadi salah satu negara yang cukup maju di Asia Timur. Hal ini tidak terlepas dari kemajuan pendidikan serta Ipteknya. Karena terletak di pertemuan lempengan kerak bumi, membuat kondisi tanahnya labil dan sering terjadi gempa yang memicu tsunami. Meski cukup rawan, namun masyarakatnya sudah membiasakan diri dengan kondisi tersebut dan memiliki kesadaran yang cukup tinggi.

Jepang dilalui oleh jalur rangkaian gunung api Asia Pasifik yang cukup aktif. Wilayah ini mungkin terlihat berbahaya namun sebenarnya memberikan banyak keuntungan terutama dari segi pertanian dan perikanan. Secara astronomis, Jepang terletak pada 30°LU – 47°LU dan 128°BT – 146°BT.

Luas wilayah yang dimiliki oleh Jepang berkisar 376.520 km2 yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil. Beberapa pulau terbesar di Jepang yaitu Hokkaido, Honsu, Shikoku, dan Kyusu. Negara ini berbentuk monarki konstitusional yang dipimpin oleh perdana menteri.Ibukota negara Jepang berada di tokyo. Kepadatan penduduk di negara ini bisa dikendalikan meski untuk beberapa kota besar jumlah penghuninya cukup banyak dibanding dengan daerah pedesaan.

Jika dilihat secara geografis, maka letak geografis negara Jepang adalah:
Sebelah barat berbatasan dengan Laut Jepang dan Selat Korea
Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik
Sebelah utara berbatasan dengan Laut Okhstosk
Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Filipina dan Laut Cina Timur

Tinggalkan komentar