Konflik antara dua negara ASEAN menyebabkan hubungan antarneaar tidak kondusif.Konflik tersebut diatasi melalui perundingan.Jika perundingan kedua negara berkonflik mengalami kegagalan .tindakan yang diambil adalah

Konflik antara dua negara ASEAN menyebabkan hubungan antarneaar tidak kondusif.Konflik tersebut diatasi melalui perundingan.Jika perundingan kedua negara berkonflik mengalami kegagalan .tindakan yang diambil adalah …

a. merumuskan hukum regional yang bersifat mengikat
b. menunda penyelesaian hingga salah satu negara mengalah
c. melibatkan pihak ketiga sebagai penengah dalam mediasi
d. menyiarkan konflik kedua negara ke dunia internasional

Jawaban :

A. Merumuskan hukum regional yang bersifat mengikat

Penjelasan :

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.
Tujuan ASEAN sebagaimana yang tercantum dalam Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut :
1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan negara-negara Asia Tenggara.
2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
4. Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
4. Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri, dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditas internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
5. Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
6. Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

Namun, dalam perjalanannya pasti ada konflik yang terjadi diantara beberapa negara anggota, yang menyebabkan hubungan antarnegara tidak kondusif. Konflik tersebut dapat diatasi melalui perundingan. Jika perundingan kedua negara berkonflik mengalami kegagalan, tindakan yang diambil adalah melibatkan pihak ketiga sebagai penengah dalam mediasi. Dengan adanya mediasan oleh pihak ketiga juga sebagai penengah, maka akan membantu penyelesaian konflik diantara dua negera tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah melibatkan pihak ketiga sebagai penengah dalam mediasi (A).

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …