Tuliskan Satu Contoh Kerjasama Antar Anggota ASEAN Yang Terjadi Akibat Faktor Iklim Dan Jelaskan Bagaimana Bentuk Kerjasamanya

Tuliskan Satu Contoh Kerjasama Antar Anggota ASEAN Yang Terjadi Akibat Faktor Iklim Dan Jelaskan Bagaimana Bentuk Kerjasamanya…

Jawaban :

Kerjasama antar anggota ASEAN yang terjadi akibat faktor iklim pada kebakaran hutan hebat di Sumatera pada 2015, dengan cara Malaysia dan Singapura atas nama ASEAN memberikan pinjaman pesawat pemadam kebakaran.

Penjelasan :

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara. Seluruh anggota ASEAN bekerja sama diberbagai bidang seperti bidang ekonomi, politik, cadangan pangan, hingga iklim.
Kerjasama negara-negara ASEAN pada faktor iklim karena lokasi negara-negara ASEAN berada di antara Benua Asia dan Benua Australia menyebabkan wilayah ini memiliki pola arah angin yang berganti setiap setengah tahun sekali. Angin ini disebut angin muson timur dan angin muson barat. Masing-masing angin tersebut menyebabkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan.
Wilayah negara-negara ASEAN juga dipengaruhi iklim fisis. Iklim fisis dipengaruhi keadaan fisik suatu wilayah, seperti perairan laut, pegunungan dan dataran. Berdasarkan kondisi iklim matahari, muson atau fisis, hampir seluruh negara ASEAN memiliki kesamaan kondisi. Kondisi iklim yang sama ini membuat negara-negara di ASEAN ini bekerja sama atau bahu membahu untuk saling membantu.
Sebagai upaya menanggulangi bencana iklim di kawasan Asia Tenggara, ASEAN melakukan kerja sama antarnegara anggotanya. Contoh kerja sama ASEAN menanggulangi bencana klimatik adalah saat kebakaran hutan hebat di Sumatera pada 2015, Malaysia dan Singapura atas nama ASEAN memberikan pinjaman pesawat pemadam kebakaran. Contoh lain, Indonesia dan beberapa negara ASEAN lain membantu Filipina yang mengalami bencana badai Haiyan pada 2014.

Jadi, contoh Kerjasama antar anggota ASEAN yang terjadi akibat faktor iklim pada kebakaran hutan hebat di Sumatera pada 2015, dengan cara Malaysia dan Singapura atas nama ASEAN memberikan pinjaman pesawat pemadam kebakaran.

Tinggalkan komentar