Apa manfaat menanam tanaman di rumah?

Apa manfaat menanam tanaman di rumah?

Jawaban:

Manfaat menanam tanaman di sekitar rumah adalah untuk menangkal polusi udara, mengurangi dampak pemanasan global, membuat rumah menjadi lebih sejuk, penghasil oksigen dan penyerap karbon dioksida dan menghindari terjadinya banjir.

Kingdom plantae atau tumbuhan selain sebagai sumber pangan bagi kehidupan makhluk hidup juga memiliki banyak fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi lingkungan di sekitar kita, melakukan penanaman tanaman di sekitar lingkungan rumah memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah :

– Menangkal polusi udara, semua bagian dari tumbuhan, seperti dedaunan sampai akar, dapat menyerap polutan kimia di lingkungan rumah. Semakin banyak tumbuhan yang ditanam, maka semakin banyak polutan udara yang tersaring. Dengan begitu, keberadaan tumbuhan bisa membuat udara di sekeliling rumah menjadi lebih bersih dan segar.

– Mengurangi dampak pemanasan global, Tumbuhan dapat menyerap emisi karbon dan berbagai polutan udara yang merupakan penyebab pemanasan global. Dengan menanam tumbuhan di pekarangan rumah, ini berarti kita dapat ikut berperan dalam melawan pemanasan global.

– Membuat rumah menjadi lebih sejuk, pohon di sekitar rumah dapat melindungi diri dari terik matahari langsung. Bahkan ketika cuaca sedang terik sekalipun, lingkungan sekitar rumah akan tetap terasa teduh dansejuk karena ternaungi oleh dedaunan pohon.

– Penghasil oksigen dan penyerap karbon dioksida, pohon sangat berharga bagi makhluk hidup karena menyuplai banyak sekali oksigen setiap harinya yang dapat dimanfaatkan manusia untuk menjalani proses pernapasan. Di samping manfaat pohon yang menghasilkan oksigen, pohon juga dapat menyerap karbon dioksida serta gas-gas beracun lain. Karbon dioksida ini berdampak besar dalam penipisan lapisan ozon yang berdampak pada meningkatnya panas Bumi. Oleh sebab itu, menanam pohon menjadi langkah yang penting untuk memperbaiki lingkungan dan menyelamatkan Bumi.

– Menghindari terjadinya banjir, sistem perakaran tumbuhan berperan besar dalam mengikat dan menyimpan air hujan ke dalam tanah. Saat musim kemarau, keberadaan tumbuhan berkontribusi terhadap ketersediaan air tanah. Jika tidak ada tumbuhan di sekitar rumah, air hujan akan langsung hilang begitu saja. Akibatnya, cadangan air tanah pun akan menipis saat musim kemarau tiba. Sementara ketika musim hujan, banjir bisa saja terjadi karena air hujan menjadi susah masuk ke dalam tanah.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …