Mengapa kegiatan berladang tidak dianjurkan pemerintah?

Mengapa kegiatan berladang tidak dianjurkan pemerintah?

Jawaban :

Kegiatan berladang tidak dianjurkan pemerintah karena dapat merusak lingkungan dan dirasa kurang menguntungkan atau kurang strategis.

Penjelasan :

Berladang merupakan kegiatan bercocok tanam atau mengusahakan tumbuhnya tanaman tertentu di suatu lahan kering. Kegiatan berladang jika tidak dikelola dengan benar akan menyebabkan berkurangnya tingkat kesuburan tanah. Tanah yang sudah tidak subur lagi tidak dapat mendukung kegiatan berladang, sehingga masyarakat akan membuka lahan baru. Lahan-lahan baru tersebut biasanya dibuat dengan mengubah hutan menjadi ladang, sehingga dapat merusak lingkungan karena menghilangkan berbagai fungsi hutan. Selain itu, swasembada pangan di Indonesia lebih dikhususkan pada jenis tanaman padi karena mayoritas makanan pokok penduduk Indonesia berasal dari beras. Tanaman padi sendiri dapat tumbuh dengan baik di lahan yang basah, sehingga ladang bukan merupakan kawasan potensial untuk menghasilkan padi karena merupakan lahan kering. Dengan demikian, kegiatan berladang cenderung kurang menguntungkan atau kurang strategis untuk dikembangkan.

Maka bisa disimpulkan bahwa kegiatan berladang tidak dianjurkan pemerintah karena dapat merusak lingkungan dan dirasa kurang menguntungkan atau kurang strategis.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.