Sebutkanlah lima benua di muka bumi?

Sebutkanlah lima benua di muka bumi?

Jawaban :

Lima benua yang ada di bumi yaitu, Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan benua Australia.

Penjelasan :

1. Benua Asia adalah benua terbesar di bumi, sekitar 44, 391 juta km persegi yang terdiri dari daratan dan perairan. Luasnya mencapai 4,5 kali luas Benua Eropa yang seluas 10,18 juta km persegi.

2. Benua Afrika memiliki luas mencapai 30,365 juta km persegi, ini adalah benua terluas kedua di dunia setelah Asia. Secara astronomis benua ini terletak pada 37° LU-34° LS dan 17° BB-51° BT.

3. Benua Eropa, luas benua Eropa mencapai 10,355 juta km persegi. Secara astronomis, benua Eropa terletak pada 90° BB-600° BT dan 350° LU-800° LU. Meskipun secara fisik terhubung ke Asia, Eropa secara historis dianggap sebagai benua yang terpisah karena perbedaan budaya dan bahasa.

4. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 83° LU – 55° LS dan 170° BT – 35° BB. Secara geografis letak Benua Amerika sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Bering, sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan

5. Benua Australia terletak pada 10° LS-44°LS dan 113° BT-154° BT. Istilah Oseania juga digunakan untuk menggambarkan wilayah ini untuk membedakannya dari negara Australia. Namun, Oseania bukanlah benua melainkan pengelompokan benua. Istilah Australasia juga terkadang digunakan untuk menyebut wilayah ini.

Maka bisa disimpulkan bahwa, lima benua yang ada di bumi yaitu, Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan benua Australia.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.