Menyebutkan persebaran pusat keunggulan minyak bumi di Indonesia!

Menyebutkan persebaran pusat keunggulan minyak bumi di Indonesia!

Jawaban :

Pusat persebaran minyak bumi terbesar di Indonesia adalah Riau, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Natuna.

Penjelasan :

Salah satu sumber daya alam yang dimiliki Indonesia adalah minyak bumi yang menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia. Potensi minyak bumi tersebar di beberapa wilayah. Secara umum, penghasil minyak bumi di Indonesia adalah Sumatra, Jawa, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Natuna. Daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia adalah Rokan dan Dumai, Riau. Wilayah Rokan mampu menghasilkan 365.827 barel per hari dan Dumai menghasilkan 170.000 barel per hari. Selain Riau, Jawa Tengah juga memiliki wilayah dengan potensi minyak bumi yang besar, yaitu Cilacap yang mampu menghasilkan 348.000 barel per hari. Selanjutnya, ada Cepu, Jawa Timur yang mampu menghasilkan 219.000 barel per hari. Wilayah lainnya yang menjadi penghasil minyak bumi adalah Mahakam, Kutai, dan Balikpapan di Kalimantan Timur; Plaju, Sungai Gerong, dan Muara Enim di Sumatra Selatan; Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B, dan South Natuna Sea Block A terletak di Kepulauan Riau.

Jadi, pusat persebaran minyak bumi terbesar di Indonesia adalah Riau, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Natuna.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …