Sebutkan keunggulan alam negara Indonesia dibandingkan negara negara yang terdapat di benua afrika!

Sebutkan keunggulan alam negara Indonesia dibandingkan negara negara yang terdapat di benua afrika!

Jawaban :

Negara Indonesia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan negara-negara di Benua Afrika.

Penjelasan :

Indonesia berada di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Nah, kondisi ini dapat memberikan pengaruh di berbagai bidang seperti sosial budaya, perairan, dan pertanian lho, karena berkaitan dengan musim di Indonesia. Indonesia yang beriklim tropis dan memiliki curah hujan yang tinggi membuat Indonesia kaya akan flora dan fauna. Indonesia juga merupakan negara kepulauan sehingga dikatakan sebagai negara Maritim dan memiliki kekayaan laut yang melimpah.
Sementara itu, Benua Afrika berdasarkan letak astronomis dan geografisnya, terbagi menjadi tiga iklim, yakni Subtropis Utara, Tropis, dan Subtropis Selatan. Benua Afrika memiliki gurun yang luas, sehingga memiliki iklim gurun yang terdapat di bagian utara, selatan, dan barat daya. Gurun atau daerah kering ini hanya menerima kurang dari 12 inci curah hujan setiap tahunnya. Hal ini berbeda dengan curah hujan Indonesia yang tinggi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa keunggulan Negara Indonesia dibandingkan dengan negara-negara di Benua Afrika adalah kekayaan alam dan curah hujan yang tinggi.

Tinggalkan komentar