Apa itu difusi?

Apa itu difusi?

Jawaban:

Transportasi zat adalah proses pengedaran zat yang terjadi di dalam tubuh kita. Transportasi zat dibedakan menjadi dua yaitu transpor aktif dan transpor pasif. Transpor aktif merupakan proses transportasi yang menggunakan energi karena melawan arah gradien konsentrasi dan transpor pasif adalah proses transportasi yang tidak menggunakan energi karena mengikuti arah gradien konsentrasi. Transpor pasif dibedakan menjadi 3 yaitu difusi, difusi terpasilitasi dan osmosis.

Difusi adalah proses perpindahan zat terlarut (bukan air) dari konsentrasi tinggi (hipertonis) ke konsentrasi rendah (hipotonis) melewati atau tanpa melewati membran. Contoh dari proses difusi adalah melarutkan gula di dalam air, mencelupkan teh di air panas, parfum yang disemprotkan.

Jadi, Difusi adalah proses perpindahan zat terlarut (bukan air) dari konsentrasi tinggi (hipertonis) ke konsentrasi rendah (hipotonis) melewati atau tanpa melewati membran.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …