Dari energi minyak bumi,batu bara,dan geotermal manakah yang lebih baik?tuliskan dampak positif dan negatifnya!

Dari energi minyak bumi,batu bara,dan geotermal manakah yang lebih baik?tuliskan dampak positif dan negatifnya!

Jawaban :

Energi yang lebih baik untuk digunakan adalah energi geothermal karena merupakan energi yang relatif ramah lingkungan.

Penjelasan :

Minyak bumi dan batu bara merupakan jenis sumber daya yang tidak dapat diperbarui yang berasal dari sisa-sisa pelapukan makhluk hidup sehingga dapat disebut juga sebagai bahan bakar fosil. Dampak positif dari minyak bumi dan batu bara yaitu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari, seperti memasak, bahan bakar minyak (BBM), pembangkit listrik, dan lain sebagainya. Dampak negatif dari penggunaan minyak bumi dan batu bara yaitu kerusakan lingkungan, global warming, dan efek rumah kaca.

Geothermal berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang berarti bumi dan thermal yang berarti panas. Geothermal merupakan sumber energi yang dapat diperbarui dari panas bumi yang ramah lingkungan dan bersih yang hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca. Dampak positif dari penggunaan geothermal yaitu untuk menghasilkan energi listrik. Dampak negatif penggunaan geothermal yaitu terjadinya amblesan dan pencemaran air akibat hasil limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya).

Jadi, dapat diismpulkan bahwa energi yang lebih baik untuk digunakan adalah energi geothermal karena merupakan energi yang relatif ramah lingkungan.

Tinggalkan komentar