Minyak dan gas merupakan sumber daya alam andalan yang tersebar di seluruh wilayah

Minyak dan gas merupakan sumber daya alam andalan yang tersebar di seluruh wilayah…

a. Brunei

b. Kamboja

c. Laos

d. Indonesia

Jawaban :

A. Brunei

Brunei Darussalam merupakan negara penghasil minyak bumi terbesar di Asia Tenggara. Hal ini membuat Brunei Darussalam dijuluki sebagai negara petro dollar.

Penjelasan :

1. Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan sumber kekayaan utama Brunei Darussalam. Penjualan minyak bumi menyumbang 92% dari total pendapatan nasional, seperti dikutip dari Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia.

Ladang minyak terpenting terletak di Seria, sebuah kawasan pesisir Brunei Darussalam. Selain itu, Brunei Darussalam juga memiliki ladang minyak lepas pantai yang terletak di Kuala Belait, Jerudong, dan Ampar. Dari ladang minyak tersebut, produksi minyak Brunei mencapai ± 200 ribu barel per hari.

2. Gas Alam
Sumber daya unggulan kedua yang dimiliki Brunei Darussalam adalah gas alam atau yang sering disebut gas bumi. Penambangan gas alam dilakukan di wilayah darat dan lepas pantai. Hampir semua gas asli negara ini dicairkan di Loji Gas Asli Cecair Shell Brunei yang dibuka pada tahun 1972.

Loji Gas Asli Cecair Shell merupakan salah satu perusahaan gas alam cair (LNG) terbesar di dunia. Lebih dari 82% LNG Brunei dijual kepada Jepang melalui perjanjian jangka panjang yang diperbaharui pada tahun 1993.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Brunei

Tinggalkan komentar