Jelaskan secara singkat bentang alam negara kamboja!

Jelaskan secara singkat bentang alam negara kamboja!

Jawaban :

Kamboja secara astronomis terletak di 10 °LU-15 °LU dan 102°BT-108°BT dengan luas wilayah 181.035 km2. Kamboja memiliki iklim tropis yang berbatasan langsung dengan Thailand dan Laos di bagian utara, bagian timur Vietnam, bagian selatan Laut Cina Selatan, dan bagian barat Thailand.

Kamboja memiliki Sungai Mekong yang terbentang melintasi wilayah negara tersebut dari utara ke selatan. Sungai Mekong, tak hanya melintasi wilayah Kamboja, tapi juga kawasan milik Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

Pada bagian tengah negara Kamboja terdapat dataran besar serta danau terbesar di Kawasan Asia Tenggara, Tonle Sap. Sedangkan bagian tepi dibentuk oleh deretan pegunungan dengan puncak tertinggi pada Phnum Aoral di Gungung Cardoman setinggi 1.771 mdpl di sebelah barat Kamboja. Di sebelah utara Kamboja terdapat Pegunungan Dong Rek. Di bagian timur Kamboja dapat dijumpai Plato Rotanikiri dan Plato Mondol.

Kamboja memiliki garis pantai sepanjang 560 km di tepi Teluk Thailand dengan dasar berupa tanah berbatu-batu. Dataran pantainya sebagian besar sempit dan terpotong-potong oleh Pegunungan Elephant yang membujur ke arah pantai. Wilayah tersebut memiliki pelabuhan alam terbaik yaitu di Teluk Kompong Som dan beberapa pulau di lepas pantai.

Tinggalkan komentar