Apa akibat dari keunggulan sumber daya alam Indonesia

Apa akibat dari keunggulan sumber daya alam Indonesia…

Jawaban :

Akibat dari keunggulan sumber daya alam Indonesia adalah tersedianya alat pemenuh kebutuhan manusia dan bahan baku industri, meningkatnya pendapatan dan lapangan kerja, rusaknya alam, berkurangnya bahkan habisnya potensi sumber daya alam di Indonesia.

Penjelasan :

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Indonesia merupakan wilayah yang memiliki keunggulan sumber daya alam, baik dalam bidang kehutanan, laut, pertambangan, dan potensi sumber daya alam lainnya. Keunggulan sumber daya alam di Indonesia tersebut dapat berakibat positif maupun negatif. Berikut adalah beberapa akibat dari keunggulan sumber daya alam Indonesia secara positif.
1. Tersedianya alat pemenuh kebutuhan manusia, seperti keberagaman flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan maupun obat-obatan.
2. Tersedianya bahan baku bagi kegiatan industri.
3. Meningkatkan pendapatan dan lapangan kerja melalui eksploitasi sumber daya alam.

Sementara itu, beberapa akibat dari keunggulan sumber daya alam Indonesia secara negatif adalah sebagai berikut.
1. Rusaknya alam akibat eksploitasi sumber daya alam yang dilakukan tidak berwawasan lingkungan.
2. Berkurangnya bahkan habisnya potensi sumber daya alam karena eksploitasi sumber daya alam terus menerus dilakukan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa akibat dari keunggulan sumber daya alam Indonesia adalah tersedianya alat pemenuh kebutuhan manusia dan bahan baku industri, meningkatnya pendapatan dan lapangan kerja, rusaknya alam, berkurangnya bahkan habisnya potensi sumber daya alam di Indonesia.

Tinggalkan komentar