Negara di Benua Eropa yang berada di belahan bumi barat

Negara di Benua Eropa yang berada di belahan bumi barat…

Jawaban :

Negara di Benua Eropa yang berada di belahan bumi barat adalah Austria, Belgia, Belanda, Inggris, Irlandia, Monako, Perancis, Luxemburg, Liechtenstein, Jerman, Swiss.

Penjelasan :

Letak astronomis Benua Eropa berada di antara 9º Bujur Barat (BB) – 60º Bujur Timur (BT) dan 35º Lintang Utara (LU) – 80º Lintang Utara (LU).

Benua Eropa juga disebut sebagai Benua Biru karena penduduknya mayoritas bermata biru. Selain itu, alasan lainnya adalah banyaknya kerajaan terkenal di Benua Eropa, sehingga disebut dengan darah biru (bangsawan).

Sementara dari aspek letak geografis, Benua Eropa berbatasan langsung dengan daratan Benua Asia, yakni Pegunungan Ural. Meski daratannya menyatu, kedua benua berlaitan karakteristiknya dari segi kebudayaan.

Luas wilayah Benua Eropa mencapai 10.355.000 km persegi. Adapun daratan Benua Eropa berupa gabungan dari beberapa semenanjung.

Ada dua semenanjung besar di Eropa, yaitu daratan utama Eropa dan wilayah Skandinavia. Tiga semenanjung lebih kecil, yaitu Iberia, Italia, dan Balkan berada di bagian selatan dan menghadap Laut Mediterania. Laut ini menjadi batas wilayah Benua Eropa dan Afrika.

Beberapa batas wilayah Benua Eropa sebagai berikut:

Batas utara: Samudera Arktik
Batas timur: Benua Asia
Batas selatan: Laut Tengah
Batas barat: Samudra Atlantik.
Adapun pembagian kawasan Benua Eropa adalah sebagai berikut:

Eropa Barat
Eropa Timur
Eropa Selatan
Eropa Utara.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa negara negara eropa yang berada di belahan bumi barat diantaranya:
Austria – Wina
Belgia – Brussels
Belanda – Amsterdam
Inggris – London
Irlandia – Dublin
Monako – Monako
Perancis – Paris
Luxemburg – Luxemburg
Liechtenstein – Vaduz
Jerman – Berlin
Swiss – Bern

Tinggalkan komentar