Ulat beradaptasi dengan cara?

Ulat beradaptasi dengan cara?

Jawaban:

Ulat beradaptasi dengan cara warna tubuh atau kulit tubuhnya yang biasanya berwarna serupa dengan daun atau batang pohon (kamuflase) sehingga dapat melindungi diri dari mangsa.

Pembahasan:

Beberapa hewan memiliki kemampuan untuk berkamuflase, salah satunya ulat baron. Ulat baron melakukan adaptasi dengan kamuflase untuk menyelamatkan diri dari predator yang mengincarnya. Dengan melakukan kamuflase, ulat baron berpeluang tinggi untuk berubah menjadi kupu-kupu dan juga bereproduksi. Biasanya, ulat baron ditemukan pada dedaunan pohon mangga. Ulat berwarna hijau, ditambah bulu-bulu yang banyak dan bercabang, membuat keberadaannya sulit dilihat oleh para predatornya.

Ulat baron memiliki panjanng sekitar empat mm. Saat pertumbuhan ke-4 dan lima, panjangnya bisa mencapai 45 mm. Sejak menetas, ulat baron dilengkapi seta, ‘paku’ kecil yang menempel di tubuhnya. Larva akan berubah menjadi kepompong selama delapan hingga sembilan hari dan kemudian berubah jadi kupu-kupu dewasa. Saat terbang atau hinggap, warna sayap kupu-kupu baron akan terlihat keunguan karena pigmen warna akibat cahaya matahari.

Tinggalkan komentar