Jelaskan pengertian konsep ruang menurut perspektif geografi dan jelaskan pengertian Interaksi antar ruang serta contohnya

Jelaskan pengertian konsep ruang menurut perspektif geografi dan jelaskan pengertian Interaksi antar ruang serta contohnya…

Jawaban :

interaksi antarruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi juga permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang di sekitarnya.

Penjelasan :

Ruang adalah sebuah tempat pada permukaan bumi, baik secara keseluruhan atau hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal.

Sedangkan, interaksi antarruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi juga permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang di sekitarnya.
Adapun syarat dan beberapa bentuk dari ruang dan interaksi antar ruang, yaitu sebagai berikut.

Konsep Ruang

Setiap ruang memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lain. Untuk memudahkanmu belajar konsep ruang, perhatikan kesimpulan berikut.

1. Ruang tidak hanya terbatas udara bersentuhan dengan bumi, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yang mempengaruhi permukaan bumi.

2. Setiap ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya, diikuti dengan sumber daya yang dihasilkannya.

3. Ruang tidak berdiri sendiri, kejadian di suatu ruang mempengaruhi ruang lainnya.

4. Ruang merupakan tempat manusia berinteraksi.

5. Ruang merupakan tempat segala peristiwa terjadi.

Bentuk Interaksi Antarruang

Dalam aktivitas sehari-hari, interaksi antarruang dapat terbentuk dari hal-hal berikut.

1. Mobilitas Penduduk

Mobilitas penduduk adalah interaksi antarruang dalam bentuk pergerakan dan perpindahan manusia dari satu ruang ke ruang lainnya. Contoh: migrasi, transmigrasi, urbanisasi, dan lain-lain.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah interaksi antarruang dalam bentuk perpindahan ide, informasi, cita-cita dan lain sebagainya secara langsung maupun tidak langsung. Contoh: melihat berita di televisi, membaca buku, mencari informasi di internet.

3. Transportasi

Transportasi adalah interaksi antarruang dalam bentuk perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain. Contoh: pengangkutan barang, perdagangan antarwilayah, dan lain-lain.

Baca Juga :  Jelaskan persebaran gurun di muka bumi!

Jadi, dapat disimpulkan bahwa interaksi antarruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi juga permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang di sekitarnya. Setiap ruang memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lain.