Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna sedangkan jangkrik mengalami metamorfosis tidak sempurna karena?

Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna sedangkan jangkrik mengalami metamorfosis tidak sempurna karena?

Jawaban:

Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna karena memiliki tahapan kepompong dalam daur hidupnya, sedangkan jangkrik memiliki metamorfosis tidak sempurna tidak mengalami tahapan Kepompong.

Pembahasan:

Metamorfosis adalah fase perkembangan hewan yang ditandai dengan terjadinya perubahan bentuk atau penampilan hewan setelah hewan lahir ataupun menetas. Metamorfosis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna terdiri dari beberapa tahapan yaitu telur, larva, kepompong (pupa), dan imago (dewasa). Metamorfosis sempurna ditandai dengan adanya fase kepompong atau pupa dan hewan muda yang bentuknya sangatlah berbeda dengan hewan dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu. Metamorfosis tidak sempurna terdiri dari beberapa tahapan yaitu telur, nimfa, dan imago (dewasa). Pada metamorfosis tidak sempurna terjadi fase kepompong dan hewan muda memiliki bentuk yang mirip dengan hewan dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah jangkrik.

Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna karena dalam dalam daur hidupnya mengalami tahapan kepompong dan memiliki bentuk yang berbeda dengan bentuk dewasanya. Sebaliknya jangkrik memiliki metamorfosis tidak sempurna karena dalam daur hidupnya tidak mengalami tahapan kepompong dan memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk dewasanya.

Baca Juga :  Bagaimana siklus hidup ikan cupang?