Simbiosis netralisme adalah?

Simbiosis netralisme adalah?

Jawaban:

Netralisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang tidak saling memengaruhi.

Pembahasan:

Simbiosis merupakan hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya dimana hubungan tersebut bisa memengaruhi atau tidak memengaruhi kedua makhluk hidup tersebut. Simbiosis terdiri dari beberapa macam, antara lain :

1. Simbiosis mutualisme, yaitu simbiosis yang menguntungkan kedua pihak. Contohnya kupu-kupu dan bunga. Kupu-kupu diuntungkan karena mendapatkan makanan dari bunga dan bunga diuntungkan karena kupu-kupu dapat membantu dalam penyerbukan.

2. Simbiosis komensalisme, yaitu simbiosis yang menguntungkan satu pihak dan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan. Contohnya pohon mangga dan bunga anggrek. Bunga anggrek diuntungkan karena mendapatkan tempat tinggal yaitu di pohon mangga, tetapi pohon mangga tidak diuntungkan/dirugikan dengan keberadaan bunga anggrek.

3. Simbiosis parasitisme, yaitu simbiosis yang menguntungkan satu pihak dan pihak lain dirugikan. Contohnya nyamuk dan manusia. Nyamuk diuntungkan karena mendapat makanan dari darah manusia, sedangkan manusia dirugikan karena nyamuk dapat menimbulkan penyakit misalnya demam berdarah.

4. Simbiosis netralisme, yaitu simbiosis yang tidak memengaruhi kedua makhluk hidup. Contohnya kambing dan ayam. Meskipun mereka ditempatkan di tempat yang sama, mereka tidak akan memperebutkan makanan atau wilayah, sehingga tidak terjadi kompetisi diantara mereka.

Baca Juga :  Biasanya daun berwarna hijau, tetapi ada beberapa daun berwarna merah. Kenapa daun bisa berwarna merah?