Apa itu piagam ASEAN ?

Apa itu piagam ASEAN ?

Jawaban :

Jadi tujuan dari Piagam ASEAN adalah untuk mentransformasikan ASEAN dari sebuah asosiasi politik yang longgar menjadi organisasi internasional yang memiliki dasar hukum yang kuat, dengan aturan yang jelas, serta memiliki struktur organisasi yang efektif dan efisien.

Penjelasan :

ASEAN adalah perhimpunan negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk oleh lima negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN selalu membenahi diri dan melakukan perubahan guna memperkuat ASEAN di masa depan. Saat ini ASEAN memiliki Piagam ASEAN (ASEAN Charter) yang bertujuan untuk mentransformasikan ASEAN dari sebuah asosiasi politik yang longgar menjadi organisasi internasional yang memiliki dasar hukum yang kuat, dengan aturan yang jelas, serta memiliki struktur organisasi yang efektif dan efisien.

Piagam ASEAN ditandatangani pada KTT ke-13 ASEAN tanggal 20 November 2007 di Singapura oleh 10 kepala negara atau pemerintah negara anggota ASEAN. Piagam ASEAN mulai berlaku efektif pada tanggal 15 Desember 2008, 30 hari setelah diratifikasi oleh 10 negara anggota ASEAN. Isi Piagam ASEAN menegaskan kembali prinsip-prinsip yang tertuang dalam perjanjian deklarasi dan kesepakatan ASEAN.

Piagam ASEAN bertujuan untuk :
1. Mendorong peningkatan kerjasama berbagai kegiatan di tingkat sektoral oleh berbagai pemangku kepentingan serta peningkatan interaksi masyarakat dalam kerjasama politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
2. Manjadikan ASEAN sebagai organisasi rules-based.
3. Meningkatkan interaksi antara masyarakat negara anggota ASEAN dan interaksi antara masyarakat dengan organisasi ASEAN.
4. Mendorong ASEAN untuk memiliki mekanisme dan prosedur penyelesaian sengketa yang lebih jelas sehingga mampu menjadmin terwujudnya tujuan ASEAN.
5. Merubah mekaniskme kerja dan struktur organisasi Asean yang lebih kelas dan efektif.
6. Meningkatkan aktivitas pertemuan ASEAN yang diadakan di Indonesia, khususnya Jakarta sebagai akibat perluasan organisasi serta pembentukan Komite Watap ASEAN dan penunjukan Duta Beasar negara mitra wicara untuk ASEAN.

Maka tujuan dari Piagam ASEAN adalah untuk mentransformasikan ASEAN dari sebuah asosiasi politik yang longgar menjadi organisasi internasional yang memiliki dasar hukum yang kuat, dengan aturan yang jelas, serta memiliki struktur organisasi yang efektif dan efisien.

Tinggalkan komentar