Kaitan kondisi penduduk dengan perekonomian negara Amerika serikat

Kaitan kondisi penduduk dengan perekonomian negara Amerika serikat

Jawaban :

Amerika Serikat merupakan negara maju dengan kesejahteraan yang tinggi. Amerika Serikat memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-3 di dunia, namun pendapatan per kapita tinggi hasil dari ekonomi perdagangan.

Penjelasan :

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang berada di Benua Amerika dan terletak di 24°33’ LU – 70°23’ LU dan 172° BB – 66° BB. Secara geografis, Amerika Serikat terletak di kawasan Amerika Utara. Amerika Serikat merupakan salah satu negara maju dan menjadi negara dengan perekonomian termaju di dunia. Penduduk di negara Amerika Serikat berjumlah sekitar 331 juta jiwa pada tahun 2020 atau negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-3 di dunia. Amerika Serikat juga dikenal menjadi salah satu negara yang multi kultural karena banyaknya arus imigrasi dari berbagai negara.

Amerika Serikat adalah importir barang terbesar pertama dan eksportir terbesar kedua di dunia, meskipun ekspor per kapita masih agak rendah. Pendapatan hasil perdagangan tersebut membuat kesejahteraan hidup di negara Amerika Serikat tergolong tinggi sebagai negara maju. Amerika Serikat memberlakukan pajak dengan persentase yang lebih besar kepada penduduk yang berpenghasilan besar disebut sistem pajak progresif. Hal ini disebabkan karena dalam satu keluarga terdapat lebih dari 2 orang yang memiliki penghasilan.

Naik turunnya pertumbuhan perekonomian di Amerika Serikat menyebabkan terjadinya kesenjangan pendapatan penduduk. Pada 2011, United Nations Development Programme (UNDP) menempatkan Amerika Serikat di peringkat ke-23 dari 139 negara menurut kesenjangan indeks pembangunan manusia, atau 19 peringkat di bawah standar IPM.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kaitan kondisi penduduk dengan perekonomian negara Amerika Serikat adalah sebagaimana penjelasan di atas.

Tinggalkan komentar