Bagaimana upaya pemerintah untuk mengatasi perubahan regress akibat tingginya angka pertumbuhan penduduk?

Bagaimana upaya pemerintah untuk mengatasi perubahan regress akibat tingginya angka pertumbuhan penduduk?

Jawaban :

Menggalakkan program transmigrasi, pemerataan lapangan pekerjaan, perencanaan tata ruang yang baik, serta mengedukasi dan sosialisasi untuk menjaga dan mengelola sampah.

Penjelasan :

Indonesia merupakan salah satu negara di wilayah Asia Tenggara. Pada tahun 2020, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia sebanyak 273.523.615 jiwa. Pertumbuhan penduduk di Indonesia tergolong tinggi akibat berbagai faktor seperti faktor kelahiran dan migrasi. Pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan regress. Regress merupakan gerakan kembali ke keadaan sebelumnya atau lebih buruk lagi. Contoh dari regress adalah terjadinya bencana banjir, longsor, atau limbah saat pembangunan perumahan sehingga menimbulkan kemunduran dari pembangunan.

Untuk mengatasi perubahan regress akibat pertumbuhan penduduk yang tinggi, berikut uoaya yang dapat dilakukan, yaitu:
1. Pemerintah menggalakkan program transmigrasi ke wilayah timur Indonesia agar pembangunan merata ke seluruh wilayah Indonesia.
2. Melakukan pembangunan dan pemerataan lapangan pekerjaan.
3. Melakukan perencanaan tata ruang dengan baik.
4. Mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan mengelola sampah dengan baik agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya pemerintah untuk mengatasi perubahan regress akibat tingginya angka pertumbuhan penduduk adalah menggalakkan program transmigrasi, pemerataan lapangan pekerjaan, perencanaan tata ruang yang baik, serta mengedukasi dan sosialisasi untuk menjaga dan mengelola sampah.

Tinggalkan komentar