Jelaskan perbedaan kenampakan alam Malaysia barat dengan Malaysia timur!

Jelaskan perbedaan kenampakan alam Malaysia barat dengan Malaysia timur!

Jawaban :

Malaysia bagian barat dan timur memiliki kenampakan alam yang tidak jauh berbeda terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, pantai, dan laut.

Penjelasan :

Kenampakan alam Malaysia bagian barat terdapat beberapa rangkaian pegunungan, dataran rendah, kawasan hutan, dan lahan subur yang luas. Di daerah bagian Semenanjung Malaysia terdapat pegunungan dengan puncak tertingginya yaitu Gunung Tahan yang mencapai 2.190 meter di atas permukaan air laut. Daerah tengah Malaysia bagian barat berupa pegunungan. Di bagian selatan berupa dataran rendah yang kering. Di wilayah Malaysia bagian timur, kenampakan alamnya berupa daerah rawa pesisir pantai, daerah perbukitan dan lembah berhutan, serta pegunungan di pedalaman. Di wilayah ini terdapat pegunungan dengan puncak tertinggi, yaitu Gunung Kinabalu yang memiliki pemandangan indah dengan tinggi 4.101 m.

Maka bisa disimpulkan bahwa, Malaysia bagian barat dan timur memiliki kenampakan alam yang tidak jauh berbeda terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, pantai, dan laut.

Tinggalkan komentar