Persamaan dan perbedaan kondisi geografisnya indonesia dan Filipina, dan manfaat bagi masyarakat

Persamaan dan perbedaan kondisi geografisnya indonesia dan Filipina, dan manfaat bagi masyarakat…

Jawaban :

Persamaan kondisi geografis Indonesia dan Filipina salah satunya yaitu sama-sama memiliki iklim tropis. Namun Indonesia dan Filipina memiliki perbedaan kondisi geografisnya salah satunya yaitu memiliki jumlah gunung berapi yang berbeda.

Penjelasan :

Indondesia dan Filipina sama-sama negara kepulauan, hanya saja Indonesia sendiri mempunyai 16.771 pulau, sedangkan Filipina memiliki kurang lebih 7.100 pulau. Indonesia dan Filipina sama-sama memiliki banyak gunung berapi, perbedaannya, Indonesia sendiri memiliki 127 gunung berapi yang masih aktif, sedangkan Filipina memiliki 24 gunung berapi yang masih aktif. Indonesia dan Filipina merupakan dua negara yang terletak di wilayah Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire. Cincin Api Pasifik adalah gugusan gunung berapi yang terletak di Samudera Pasifik. Hal itulah yang membuat kedua negara ini memiliki banyak gunung berapi. Persamaan lain dari kedua negara ini adalah zona wilayah yakni berada pada kawasan tropis. Indonesia dan Filipina memiliki dua musim utama. Antara lain musim hujan dan musim kemarau. Hanya saja, musim kemarau di Filipina terbagi menjadi kemarau sejuk dan kemarau panas.

Maka bisa disimpulkan bahwa, persamaan kondisi geografis Indonesia dan Filipina salah satunya yaitu sama-sama memiliki iklim tropis. Namun Indonesia dan Filipina memiliki perbedaan kondisi geografisnya salah satunya yaitu memiliki jumlah gunung berapi yang berbeda.

Tinggalkan komentar