Sebutkan wilayah yang dilalui Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania!

Sebutkan wilayah yang dilalui Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania!

Jawaban :

  • Negara yang dilalui sirkum pasifik adalah Selandia Baru, Indonesia, Filipina, Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, Canada, Mexico, Chile, Peru, Ekuador, Costa Rico, Guatemala, dan Nicaragua.
  • Negara yang dilewati sirkum mediterania adalah negara Spanyol, Portugal, Prancis, Italia, Swiss, Austria, Algeria, Yunani, turki, Mekodonia, Rusia bagian selatan, Iran, India, Pakistan, Tibet, Myanmar, Thailand, dan Indonesia.

Penjelasan :

Sirkum pasifik adalah jalur pegunungan yang membentang dari Pegunungan Andes di Amerika Serikat menuju Pegunungan Rocky di Amerika Utara dan Jepang. Negara yang dilalui sirkum pasifik adalah Selandia Baru, Indonesia, Filipina, Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, Canada, Mexico, Chile, Peru, Ekuador, Costa Rico, Guatemala, dan Nikaragua. Sirkum ini terbagi menjadi 2 jalur utama, yaitu busur dalam dan busur luar. Jalur busur dalam bersifat vulkanik non aktif, sedangkan jalur busur luar bersifat vulkanik aktif. Sepanjang dua jalur tersebut terdapat banyak gunung api karena adanya intensitas gejala vulkanik.

Sirkum mediterania adalah jalur pegunungan yang membentang dari Benua Eropa (Pegunungan Alpen) menuju ke negara Italia di Gunung Etna. Negara yang dilewati sirkum mediterania adalah negara Spanyol, Portugal, Prancis, Italia, Swiss, Austria, Algeria, Yunani, turki, Mekodonia, Rusia bagian selatan, Iran, India, Pakistan, Tibet, Myanmar, Thailand, dan Indonesia. Sirkum ini terbagi menjadi 2 jalur utama, yaitu busur dalam dan busur luar. Jalur busur dalam bersifat vulkanik aktif, sedangkan jalur busur luar bersifat vulkanik non aktif.

Dari penjelasan tersebut, maka wilayah yang dilalui Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania sebagaimana penjelasan di atas.

Tinggalkan komentar