Padang rumput terhampar luas di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Penduduk NTT memanfaatkan kondisi wilayahnya dengan melakukan kegiatan ekonomi di bidang

Padang rumput terhampar luas di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Penduduk NTT memanfaatkan kondisi wilayahnya dengan melakukan kegiatan ekonomi di bidang….
A. kelautan
B. pertanian
C. kehutanan
D. peternakan
E. perkebunan

Jawaban :

B. Pertanian

Penjelasan ;

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di Kawasan Wallace. Dengan karakteristik flora dan fauna endemik. Wilayah NTT sangat dipengaruhi iklim monsun yang menurut BMKG wilayah ini dominan tergolong iklim B sehingga kondisinya banyak padang rumput (sabana dan stepa). Wilayah padang rumput bagi masyarakat setempat NTT banyak dimanfaatkan untuk mata pencaharian sebagai peternak sapi.

Data BPS (2021) menjelaskan bahwa penduduk NTT paling banyak bekerja di sektor pertanian, kehutanan, perikanan dengan jumlah mencapai 1,40 juta orang (51,43%) dari total penduduk NTT yang bekerja.

Maka, bisa disimpulkan bahwa penduduk NTT memanfaatkan kondisi wilayahnya dengan melakukan kegiatan ekonomi di bidang B. Pertanian.

Tinggalkan komentar