Bagaimana proses pembibitan sawit?

Bagaimana proses pembibitan sawit?

Jawaban:

Proses pembibitan sawit dapat dilakukan dengan sistem dua tahap, yaitu melalui pembibitan awal dan pembibitan utama.

Pembahasan:

Pembibitan kelapa sawit merupakan salah satu yang paling menentukan di dalam pertumbuhan kelapa sawit. Pembibitan harus sudah disiapkan sekitar satu tahun sebelum penanaman di lapangan, agar bibit yang ditanam dapat memenuhi syarat, baik umurnya maupun ukurannya.

Dalam pembibitan tanaman kelapa sawit dapat dilakukan dengan sistem dua tahap (𝘥𝘰𝘶𝘣𝘭𝘦 𝘴𝘵𝘢𝘨𝘦 𝘴𝘺𝘴𝘵𝘦𝘮), yaitu melalui pembibitan awal (𝘱𝘳𝘦-𝘯𝘶𝘳𝘴𝘦𝘳𝘺) dan pembibitan utama (𝘮𝘢𝘪𝘯 𝘯𝘶𝘳𝘴𝘦𝘳𝘺).

Pembibitan awal atau 𝘱𝘳𝘦-𝘯𝘶𝘳𝘴𝘦𝘳𝘺 dapat dilakukan pada bedengan – bedengan yang tanahnya ditinggikan sampai mencapai 35 cm atau bibit ditanam dalam 𝘱𝘰𝘭𝘺𝘣𝘢𝘨 kecil berisi media tanah bagian atas yang sudah dibersihkan. Areal pembibitan yang digunakan adalah lahan yang rata dan datar (tidak miring), berdrainase lancar, dekat sumber air, tetapi tidak rawan banjir.

Pembibitan utama atau 𝘮𝘢𝘪𝘯 𝘯𝘶𝘳𝘴𝘦𝘳𝘺 dilakukan hampir sama dengan pembibitan awal dilakukan dengan pengisian dan penyusunan 𝘱𝘰𝘭𝘺𝘣𝘢𝘨 yang lebih besar, alih tanam (𝘵𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘭𝘢𝘯𝘵𝘪𝘯𝘨), penyiraman, pengendalian gulma, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit dan seleksi bibit. Pada pembibitan utama, pemupukan lebih dianjurkan menggunakan pupuk majemuk, karena pemberian beberapa unsur sekaligus akan efektif dibandingkan dengan pemberian pupuk tunggal. Setelah bibit dipelihara dengan baik, secara berkala dapat dilakukan seleksi sehingga menghasilkan bibit-bibit terbaik yang siap tanam

Tinggalkan komentar