Tuliskan tiga nama pakaian adat beserta daerah asal dan keunikannya?

Tuliskan tiga nama pakaian adat beserta daerah asal dan keunikannya?

Jawaban dan Penjelasan :

1. Pakaian Adat Paes Ageng dari Yogyakarta : Paes Ageng terdiri dari kain cinde dan dodotan. Kain dodot memiliki ukuran 4-5 meter. Biasanya, kain dodot menggunakan motif semen raja yang memiliki makna agar pengantin mempunyai hidup mulia seperti raja. Motif cinde sendiri melambangkan penghormatan kepada Dewi Sri (dewi padi) yang memiliki simbol kemakmuran.
2. Pakaian Adat Bodo dari Sulawesi Selatan : Memiliki beberapa aturan seperti mengenai pemakaian warna baju bodo. Warna jingga hanya boleh dipakai oleh perempuan umur 10 tahun, warna jingga dan merah darah digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun, warna merah darah untuk 17-25 tahun, warna putih digunakan oleh para inang dan dukun, warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan sedangkan warna ungu dipakai oleh para janda. Pakaian adat ini juga merupakan salah satu pakaian tertua di dunia.
3. Pakaian Aesan Gede dari Sumatera Selatan : Pakaian ini didominasi oleh warna merah dengan benang emas, yang berasal dari tenunan kain songket yang berwarna gemerlap dan keemasan. Pakaian adat ini juga dilengkapi dengan aksesoris keemasan.

Tinggalkan komentar