Tahukah kamu kota di dunia dengan curah hujan tertinggi?

Tahukah kamu kota di dunia dengan curah hujan tertinggi?

Jawaban :

5 kota di dunia dengan curah hujan tertinggi yaitu Quibdó (Kolombia), Monrovia (Liberia), Hilo (Hawaii), Mangalore (India), Buenaventura (Kolombia).

Penjelasan :

1. Quibdó, Kolombia

Dengan populasi lebih dari 100.000, Quibdó menjadi kota terbesar di Provonsi Choco, Kolombia.

Terletak di dekat pegunungan di sisi barat Kolombia, Quibdó tidak memiliki musim kemarau dan hampir setiap hari turun hujan (rata-rata 304 hari hujan dalam satu tahun).

Musim dingin di bulan Desember mengalami lebih banyak hujan dalam bentuk gerimis. Sementara musim panas (April) terjadi banyak badai disertai hujan.

Pada Maret memiliki jumlah hujan paling sedikit secara keseluruhan, tetapi hujan masih turun selama setengah bulan.

2. Monrovia, Liberia

Di pantai barat laut Afrika, Ibu Kota Liberia, Monrovia, adalah rumah bagi populasi lebih dari satu juta orang.

Musim hujan Monrovia berlangsung dari Mei hingga Oktober, tetapi Juni dan Juli adalah yang paling basah. Selama waktu ini, banyak jalan menjadi tidak bisa dilewati karena sekumpulan lumpur merah. Bulan antara Desember dan Februari masih sangat lembab dan sesekali turun hujan.

3. Hilo, Hawaii

Terlepas dari gambar-gambar kartu pos yang sempurna dari pantai dan sinar matahari, Kepulauan Hawaii memiliki beberapa tempat dengan curah hujan tertinggi di dunia.

Bagian dari Pulau Maui, seperti Big Bog di tepi Taman Nasional Haleakala dan Gunung Puu Kukui mengalami curah hujan yang sangat banyak dalam satu tahun.

Ketika datang ke kota-kota di Hawaii, Pulau Besar Hilo adalah yang terbanyak diguyur hujan 272 hari setiap tahun.

4. Mangalore, India

Dengan populasi 400.000, Mangalore adalah kota kecil di India. Kota ini mempunyai hujan paling banyak dari semua kota di Negeri Bollywood tersebut.

Kota ini berada di sepanjang Laut Arab di pantai barat India di mana sungai Netravathi dan Gurupur bertemu.

Selain Mangalore, negara bagian Meghalaya di timur laut India adalah lokasi kedua desa terbasah.

5. Buenaventura, Kolombia

Buenaventura adalah salah satu kota di kawasan barat Kolombia. Kota ini terletak lebih dari 100 mil dari Quibdó — kota di Kolombia yang juga memiliki curah hujan tinggi.

Meski begitu, secara signifikan kota ini lebih besar dalam populasi dengan lebih dari 300.000 penduduk. Buenaventura terletak di sepanjang Samudra Pasifik. Januari hingga April adalah bulan terkering, tetapi dalam bulan-bulan terbasah (September dan Oktober), kota ini menerima lebih banyak hujan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa 5 kota di dunia dengan curah hujan tertinggi yaitu Quibdó (Kolombia), Monrovia (Liberia), Hilo (Hawaii), Mangalore (India), Buenaventura (Kolombia).

Tinggalkan komentar