Pegunungan yang berjajar dari pulau Sumatera, Jawa, Nusa tenggara, Maluku Selatan, dan berakhir di pulau Banda merupakan deretan pegunungan

Pegunungan yang berjajar dari pulau Sumatera, Jawa, Nusa tenggara, Maluku Selatan, dan berakhir di pulau Banda merupakan deretan pegunungan…

A. Halmahera

B. Sahul

C. Sangihe

D. Sunda

Jawaban :

D. Sunda

Penjelasan :

Secara geologis, Indonesia terletak pada 3 dangkalan, yaitu dangkalan Sunda, Sahul, dan Peralihan kedua dangkalan tersebut. Dangkalan Sunda meliputi wilayah Indonesia bagian barat yaitu Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Sementara dangkalan Sahul meliputi wilayah Indonesia bagian timur, yaitu Papua dan sebagian Maluku. Peralihan dangkalan merupakan Sulawesi dan Nusa Tenggara. Selain itu, Indonesia juga terletak pada pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Pergerakan antar lempeng dapat mengakibatkan terbentuknya deretan pegunungan.

Deretan pegunungan di Indonesia terbagi menjadi 5 wilayah, yaitu:
1. Deretan pegunungan Sunda, yaitu deretan pegunungan yang berjajar dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku Selatan dan berakhir di Pulau Banda.
2. Deretan Sirkum Australia, yaitu deretan pegunungan yang berjajar dari Australia, ujung timur Pulau Irian, masuk melalui bagian tengah Irian dengan puncak tertinggi Jaya Wijaya.
3. Deretan pegunungan Sangihe, yaitu deretan pegunungan yang membujur dari Kepulauan Sangihe (Sulawesi Utara), masuk ke Minahasa, Teluk Gorontalo (dengan Gunung Una-Una yang sering meletus) hingga Sulawesi Selatan.
4. Deretan Pegunungan Halmahera, yaitu deretan pegunungan yang berderet mulai dari Pulau Talaut, Pulau Maju dan Tifor di Maluku Utara, masuk ke Halmahera serta Pulau Ternate dan Tidore, berbelok ke timur hingga Kepala Burung.
5. Deretan Pegunungan Kalimantan, yaitu deretan pegunungan yang bermula dari Pulau Palawan (Filipina) kemudian masuk ke Kalimantan.

Dari penjelasan tersebut, maka pegunungan yang berjajar dari pulau Sumatera, Jawa, Nusa tenggara, Maluku Selatan, dan berakhir di pulau Banda merupakan deretan pegunungan Sunda. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.