Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin – Kulkas atau lemari es adalah peralatan elektroknik yang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga. Fungsinya yang sangat vital untuk mengawetkan berbagai bahan makanan sangat dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga.

Namun ketika terjadi kerusakan pada kulkas tentu akan sangat menjengkelkan bukan? Alagi kalau kulkas sedang dalam keadaan terisi banyak bahan makanan,tentu saja akan membuatmu khawatir makanan akan cepat rusak.

Nah kalau kamu adalah pemilik kulkas dengan merk LG dua pintu,biasany kerusakan yang sering terjadi adalah kulkas LG bagian bawah tidak dingin yang biasanya disebabkan oleh defrost tidak berjalan dengan baik. Kerusakan seperti ini juga kadang terjadi pada kulkas merk lain.

Jika kamu mengalami hal ini,sebaiknya kamu tidak perlu khawatir karena kerusakan seperti ini bukanlah kerusakan berat dan tidak memerlukan biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Biasany kulkas masih bisa berfungsi dan masih menghasilkan suhu dingan,namun hanya pada bagian atas atau pada bagian freezer saja. Hanya saja suhu dingin terhambat dan tidak dapat mengalir ke bagian bawah kulkas LG.

Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin juga beragam,mulai dari kerusakan karena kesalahan pemakaian, hingga memang terjadi kerusakan pada komponen kulkas.

Solderpanas.com pada kesempatan kali ini akan coba membahas tentang penyebab kulkas LG bagian bawah tidak dingin. Simak baik – baik ya penjelasan mimin!

Apa itu sistem defrost ?

Seperti yang mimin singgung diatas,biasany kerusakan pada kulkas terjadi pada sistem defrost. Sebelumnya mimin akan coba untuk memperkenalkan apa itu sistem defrost kulkas.

Sistem defrost ada pada semua kulkas yang memiliki 2 pintu,merk apapun dan berguna untuk melelehkan bunga es yang biasanya terbentuk pada evaporator atau freezer.

Sistem ini mimiliki komponen utama yaitu heater (elemen pemanas) yang berfungsi untuk memanasi evaporator agar tidak ada bunga es.

Defrost kulkas memiliki 3 komponen utama yaitu heater,timer dan juga sensor defrost. Kerusakan yang terjadi pada salah satu komponen tersebut dapat menyebabkan bunga es tidak dapat mencair yang pada akhirnya area evaporator akan tertutup lapisan bunga es.

Hal ini menyebabkan sirkulasi udara dingin pada kulkas menjadi tidak lancar atau terhenti,yang kemudian akan menyebabkan kulkas bagian bawah tidak dingin karena aliran udara dingin terhambat.

Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan Kulkas 2 Pintu bagian bawah Tidak dingin :

Penumpukan Bunga Es Pada Evaporator

Seperti yang sudah sedikit mimin singgung diatas,bahwa penumpukan bunga es pada evaporator kulkas dapat menyebabkan kulkas bagian bawah tidak dingin. Hal ini dikarenakan suhu dingin tidak dapat mengalir ke bagian bawah karena terhalang oleh timbunan bunga es.

Penumpukan bunga es biasanya terjadi karena disebabkan adanya kerusakan pada salah satu komponen sistem defrost. Berikut ini adalah komponen sistem defrost yang harus diperiksa,karena bisa menjadi penyebab Kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin.

Timer Kulkas

Timer kulkas pada sistem defrost adalah komponen yang berfungsi untuk waktu operasi pada sistem defrost. Komponen ini akan menyala setiap 6 atau 8 jam sekali untuk melelhkan bunga es yang ada pada evaporator.

Terletak di belakang kulkas dekat dengan mesin kompresor kulkas,dan terdapat knop untuk mengatur putaran timer.

Kerusakan pada timer ini biasanya ada kumparan yang putus atau switch kontak timer berdebu dan kotor sehingga menghambat aliras listrik.

Untuk itu cobalah memutar timer ke kanan dan perhatikan apakah gear yang ada pada timer berputar. Jika tidak berputar maka ada kemungkinan timer defrost mengalami kerusakan dan perlu dilakukan penggantian komponen yang baru.

Sensor defrost

Sensor defrost adalah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi suhu yang ada pada evaporator,untuk menjaga suhu agar tidak terlalu dingin. Komponen ini terletak pada bagian belakang freezer pada jaringan pipa evaporator.

Penumpukan bunga es dapat dicegah dengan menghubungkan arus listrik dari timer ke heater pada saat suhu dalam evaporator terlalu dingin,inilah fungsi sensor defrost.

Apabila terjadi kerusakan pada sensor defrost maka akan menyebabkan terputusnya aliran listrik ke heater. Hal ini menyebabakan suhu didalam evaporator menjadi sangat dingin dan menimbulkan bunga es.

Thermofuse putus

Kebalikan dari sensor defrost,thermofuse berfungsi untuk mencegah terjadinya panas yang berlebih didalam evaporator.Komponen ini ada didalam sensor defrost.

Pada saat heater bekerja,yang kemudian akan mengasilkan panas pada elemen heater akan memanasi evaporator untuk mencairkan bunga es.

Thermofuse dipasang untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lainya yang disebabkan oleh panas dari heater. Thermofuse akan bekerja dengan memutuskan aliran listrik pada heater pada saat suhu ruangan evaporator mencapai 70°C.

Kerusakan Pada Heater

Kerusakan pada heater menyebabkan bunga es tidak dapat mencair,hal ini dikarenakan heater adalah elemen pemanas yang berfungsi untuk menghasilkan panas.

Terletak pada bagian bawah pipa evaporator,heater akan mencairkan bunga es dalam evaporator. Heater bekerja dengan dikendalikan timer kulkas dan juga sensor defrost. Apabila terjadi kerusakan pada heater,maka bisa menyebabkan kulkas LG bagian bawah tidak dingin.

Pengaturan suhu buat bagian bawah kulkas tidak sesuai

Bila misalnya Kamu menciptakan permasalahan kulkas 2 pintu yang bagian bawah tidak dingin, coba Kamu amati dahulu pengaturan suhu- nya apakah telah cocok ataupun belum.

Bila misalnya belum cocok, hendaknya Kamu atur ke suhu yang sangat kecil, supaya bagian bawah kulkas dapat dingin dengan cara menyeluruh. Serta bila esok Kamu rasa itu sangat dingin, terkini dapat Kamu coba naikan lagi pengaturan suhu- nya.

Pengaturan ini umumnya dalam wujud knop yang dapat Kamu putar, biasanya bila Kamu putar ke kanan maksudnya buat menyejukkan serta bila diputar kebalikannya hingga dingin- nya juga hendak menurun.

Perputaran angin buat ke bagian bawah kulkas tertutup spon

Semacam yang kita tahu, bagian bawah kulkas dapat dingin ini sesungguhnya sebab terdapatnya perputaran suhu dingin dari bagian atas kulkas( freezer). Jadi dapat dikatakan pusat pendinginan- nya terdapat di bagian atas.

Dan seberapa besar angin yang pergi di bagian bawah kulkas ini dapat kita atur lewat pengaturan suhu semacam yang Kita sebutkan pada nilai 2 mulanya.

Rancangan pengaturan itu umumnya cuma memakai spon yang dapat dibuka serta ditutup. Bila kita memutar knop ke arah jarum jam( kanan) hingga perputaran angin hendak terbuka lebih luas, sedemikian itu pula kebalikannya hingga perputaran angin hendak mengecil.

Bila bagian ini cacat, maksudnya spon itu tidak dapat membuka serta menutup. Misalnya justru menutup lalu pasti suhu dingin dari bagian freezer tidak hendak hingga ke kulkas bagian bawah.

Sedemikian itu pula dengan kebalikannya, misalnya terbuka lalu hingga kulkas bagian bawah dingin sebab sangat dingin.

Kerap membuka serta menutup kulkas

Buat bisa dingin dengan cara maksimum, biasanya kulkas butuh bertugas sepanjang 6- 9 jam. Itu juga bila kita tidak membuka ataupun menutup pintu kulkas.

Bila kita kerap membuka ataupun menutup kulkas pasti suhu dingin yang terdapat di dalam juga hendak terbuang pergi, alhasil memerlukan durasi lebih lama lagi supaya kukas dapat dingin.

Dalam perihal ini, bijaklah dalam memakai lemari es dengan tidak sangat kerap membuka serta menutup pintu lemari penyejuk Kamu, paling utama kulkas yang bagian bawah.

Karet pintu kulkas longgar

Pemicu kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin berikutnya dapat sebab karet pintu kulkas telah longgar. Karet pintu ini mempunyai kedudukan yang amat berarti, ialah supaya suhu dingin di dalam kulkas tidak bocor ataupun terbuang pergi.

Dan bila karet ini longgar pasti suhu hawa dingin yang terdapat di dalam lemari penyejuk hendak terbuang pergi, serta menyebabkan kulkas jadi kurang ataupun apalagi tidak dingin.

Cacat ataupun longgarnya karet pintu kulkas ini dapat diakibatkan oleh sebagian perihal, tetapi yang sangat kerap sebab konsumsi yang telah sangat lama.

Kesimpulan

Kerusakan pada sistem defrost biasanya menjadi penyebab lemari es 2 pintu bagian bawah tidak dingin. Untuk mengatasi kerusakan tersebut maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Dan mimin sarankan agar menggunakan jasa service kulkas langganan kamu,karena pada kasus tertentu memang membutuhkan penanganan dari yang ahli.

Demikianlah pembahasan Solderpanas.com,semoga dapat membantu permasalahan yang dialami kulkas kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.