Cara Mudah Memperbaiki TV Mati Total

Cara Mudah Memperbaiki TV Mati total

Cara Mudah Memperbaiki TV Mati Total – Cara memperbaiki TV yang mati total mudah dilakukan terutama yang sudah memiliki pengalaman pada dunia elektronik. karena pada kenyataannya tidak semua orang mampu memperbaiki tv yang mati. Namun dalam kerusakan sederhana, orang awam dapat memperbaikinya sendiri dengan bantuan tutorial yang tersedia di internet.

Yang wajib pertama diketahui adalah tentang gejalanya. ada dua kasus tv mati total yaitu :

  • Tv mati total namun lampu indikator masih menyala dan ketika dinyalakan tidak bisa start. Ini sering disebut karena kerusakan tv standby tidak bisa start dan bukan mati total karena menandakan listrik telah masuk ke power suplay primer dan output sekunder. Permasalahan ini kemungkinan besar akibatkan blok output power suplay.
  • Gejala tv mati total lampu LED tidak menyala bahkan tidak ada reakasi apapun saat dinyalakan. lebih parahnya lagi gejala ini bersamaan oleh MCB listrik ngetrip atau jegleg. Jika sudah seperti itu berarti kerusakan sangat parah. Tapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki, malahan ini akan lebih mudah diperbaiki kerena bisa pastikan 70% kerusakan ada dia area primer power suplay.

Ke 2 kerusakan berbeda penyebab dan cara menanganinya. Oleh sebab itu kita perlu pemahaman lebih lanjut mana gejalanya dan bagaimana mengatasinya.

Cara Memperbaiki TV Mati Total lampu LED tidak menyala

  1. Kabel AC 220V

Hal ini sepele namun kadang juga bisa terjadi, karena kabel ini menjadi no.1 masuk atau tidaknya arus ke mesin tv. Bisa jadi putus karena digigit tikus atau kabel berkualitas rendah sehingga tidak kuat menahan arus listrik dalam waktu lama, Jika dilihat secara fisik terdapat kabel yang meleleh pada bagian kulit luar, dan juga streker ada tanda terbakar. hal ini perlu dicurigai.

Bila tidak ada tanda secara fisik bisa langsung menggunakan multi tester apakah arus suadah masuk ke power suplay?.

Gunakan volt meter AC max 1000V yang diarahkan ke bagian jalur kabel sebelum dioda. Namun kamu juga bisa langsung mengukur tegangan DC menggunakan volt meter DC max 1000v.

Jika tidak, cabut streker kemudian cek dan pastikan jek AC benar-benar tersambung ke perangkat dengan kondisi off, jangan di hubungkan dulu dengan striker ketika mengecek kabel streker. Yang perlu diperhatikan adalah kabel input pada jek AC 220 Volt pastikan dulu tidak putus dengan cara menggunakan Ohm Meter.

  1. Saklar

Pastikan saklar dalam keadaan baik, periksa dengan Ohm meter seperti pada kabel streker, namun pada bagian saklar bisa dilewati bila tegangan telah sampai di power suplay.

Jika kerusakan terjadi pada saklar yaitu ketika dinyalaka harus dipencet beberapa kali supaya bisa menyala bahkan atau harus ditahan menggunakan sesuatu agar saklar dapat berfungsi, sebelum akhirnya sakalar benar benar mati sehingga tv tidak bisa menyala alias mati total.

  1. Fuse

Striker dan saklar dalam keadaan baik sekarang coba periksa fuse pada bagian regulator. Jika fuse putus ada 2 kemungkinan. Pertama mungkin fuse putus karena tidak kuat menahan arus, dan yang kedua short sirkuit pada rangkaian tv.

Untuk memastikan kerusakan bisa mencoba dengan mengganti fuse menggunakan lampu DOP 100 watt, baru kemudian tahu dengan pasti apakah skringnya putus atau ada gejala lain. Apabila lampu DOP menyala terang itu berarti ada kerusakan yang serius pada rangkaian power suplay atau pada bagian output.

  1. Posistor

Posistor bekerja pada bagian degaussing memiliki fungsi sebagai penangkal medan magnet di sekitar tabung CRT. Posistor bisa mengakibatkan tv mati, ketika komponen ini mengalami short akan mengakibatkan MCB ngetrip membuat tv tidak bisa dinyalakan.

Gejala sebelum tv mati biasanya ditandai dengan gejala layar bergambar pelangi, lama lama posistor akan rusak. Pada beberapa kasus ketika tv dihidupkan posistor memercikkan api di dalam komponen posistor.

  1. Dioda primer

Hati-hati memperbaiki TV yang mati total, ketika dihidupkan MCB listrik rumah kamu akan anjlok. menurut pengalaman saya, jika dipaksa terus menerus membuat kerusakan dan kematian komponen tak bisa ditoleransi dan ragulator akan hancur. Penyebabnya adalah dioda bridge ada yang short. jadi lebih baik periksa ketika menemukan gejala MCB ngejeglek.

MCB ngejeglek menandakan terjadinya konsleting hebat pada mesin, terutama pada bagian blok primer power suplay. Ini bisa di deteksi menggunakan lampu dop.

  1. Elco primer 450 volt

Terdapat dua jenis keruskan Elko yaitu Elco short dan Elco kering sehingga mengakibatkan power suplay tidak bekerja dengan baik, membuat tv tidak bisa menyala.

Mungkin ini bias diperiksa ketika tv dengan gejala MCB ngetrip atau ketika fuse putus. Elco biasnaya berukuran 150uf sampai 470uf 450v. Bila Elco dalam keadan normal, bisa menyimpan tegangan yang tinggi bila transistor atau STR tidak bisa bekerja.

  1. Transistor atau STR

Jika menemui kerusakan seperti MCB anjlok saat tv dinyalakan, langkah pertama cabut STR atau TR yang memiliki fungsi sebagai pembangkit. Sebenarnya ini bisa saja dilakukan pertama kali sebelum memeriksa dioda. Pada beberapa tv yang memiliki sistem power suplay yang berbeda sehingga diperlukan memahami pembangkit tegangan yang digunakan apakah transistor, fet atau STR. keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas pada sistem atau secara fisik.

Mungkin mudah membedakan antara SRT atau transistor, jika transistor berkaki tiga sedangkan STR berkaki 6.

Namun komponen yang berkaki tiga belum tentu transistor karena pada beberapa tv ada yang menggunakan FET. Transistor biasanya digunakan pada tv china, sedangkan jenis FET sering digunakan pada tv Polytron. Contoh FET yang digunakan pada tv polytron berjenis CRT slim atau cembung pada seri FS7UM dan 7n65c.

STR biasanya digunakan pada tv SHARP, LG, Contoh STR w6753, w6754, W5453a.

  1. C945

Apabila pada bagian transistor ini mengalami kerusakan, pada bagian penguatan utama tidak bisa bekerja bahkan bisa ikut rusak. Sebab itu jika menemui gejala kerusakan pada damper regulator power suplay juga mengharuskan untuk memeriksa transistor pendukugnya entah itu c945, c1815, atau A1015. Tidak mertutup kemungkinan setiap merek tv memiliki jenis transistor pendukung yang berbeda beda, namun dalam rangkaian regulator transistor ini sering ada.

  1. Dioda sekunder output PSU

Dioda sekunder tidak bisa diremehkan, bahkan pemicu tv mati total bisa disebabkan oleh dioda output. Meskipun tegangan telah masuk ke primer dengan normal namun bila pada bagian out dioda short akan menyebabkan tv tidak bisa menyala, ini sering terjadi pada output b + 115 volt untuk flyback.

Tanda tanda kerusakannya yaitu ketika diukur menggunakan dc meter terdapat beberapa output namun tegangannya drop. Namun ini bisa juga disebabkan oleh transistor horizontal yang mengalami short.

  1. Transistor horizontal

Sebelum mengecek tv mati total pada tegangan on, demi keamanan dan keselamatan kamu harus memperhatikan transistor horisontal dan beban B+ yang harus dicabut untuk mencegah terjadinya komponen bertambah mati merembet ke bagian lainya. kemudian periksa bagian ragulator yang paling rentan yaitu dioda, transistor driver, transistor demper, dioda zener, dan capasitor.

Setelah komponen yang mati ketemu dan sudah diganti setelah itu coba nyalakan. Jika output regulator normal maka coba sambungkan kembali beban B + dan demper horizontal. Tapi pastikan demper horizontal dalam keadaan baik sebelum TV dinyalakan. Karena demper komponen fital dengan kerusakan AC matik. Atau bisa karena terjadi short demper horizontal, akan menghantam blog ac mati lagi. Alih alih ingin menservis tv mati total kerusakan malah bisa lebih parah.

Akhri Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Mudah Memperbaiki TV Mati total, jika informasi kami bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …