Cara Memperbaiki TV Mati Standby Dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki TV Mati Standby – Gejala TV mati tapi lampu indikator masih menyala ketika dinyalakan menggunakan remot dan tv tidak bisa start. Ketika dinyalakan hanya lampu saja yang hidup, berbeda dengan standby protek karena protek biasanya masih bisa start meski hanya sesaat.

Standby ditandai dengan tidak bekerjanya flyback, dan tidak ada bunyi dari flyback bekerja. Jika flyback masih bekerja berarti tv tidak standby namun masih hidup meski tidak menunjukan gambar. Dan penangananya berbeda, untuk itu diperlu pemahaman tentang gejalanya dulu sebelum melangkah ke reparasi.

Penyebab tv standby

Jika kita mengetahui penyebab kerusakan terlebih dahulu ini akan memudahkan kita dalam memperbaikinya. Tv kerusakan standby penyebab pertama adalah tegangan. Tegangan ada yang drop dan juga ada yang normal namun flyback tidak bekerja002E

TV standby tapi tegangan output Regulatornya normal dan flyback tidak bekerja

Ini disebabkan oleh transistor horizontal tidak bekerja, kemungkinan transistor horizontal mati atau tidak menerima sinyal dari osilator ke IC prosesor, sehingga flyback tidak bekerja.

TV standby dengan tegangan drop

Sebelum memastikan bahwa tv mati standby dalam keadaan tegangan drop bisa jadi remotnya yang rusak dan juga tombol switch di tv mati. Oleh sebab itu perlu cek dulu menggunakan tombol remot dan juga switch pada panel tv untuk memastikan tv benar-benar rusak. Dengan catatan drop hanya 30 persen dari tegangan asli.

(Yang dimaksud switch yaitu tombol untuk menyalakan tv dalam keadaan standby adalah tombol ch+ dan ch- yang bisa digunakan untuk menjalakan TV standby jika tidak ada remot.)

Selain itu biasanya salah satu komponen ada yang short sehingga menyebabakan tegangan drop, bisa juga terjadi kerusaka pada blok power supaly.

Cara Memperbaiki TV Mati Standby

  • Pertama yang harus dilakukan adalah coba menyalakan tv dengan remot dan menggunakan tombol ch bila tidak ada remot.
  • Bila tidak ada reaksi atau ada berupa lampu indikator yang berkedip, maka segera matikan tv. karena sangat berbahaya untuk dilanjutkan.
  • Buka casing dengan hati-hati yang tidak terhubung denga jala jala listrik pada saat membuka casing.
  • Ukur tegangan pertama adalah bagian b+115 pada flyback kemudian baru yang lainya.
  • Bila ternyata b+ drop, copot transistor horizontal, kemudian ukur lagi teganganya. Jika b+normal ketika sudah dicopot transistornya, maka perlu periksa transistor horizontal karena biasanya short. Maka permasalahan ditemukan.
  • Namun bila b+ masih drop meski sudah dicopot berarti permasalahan ada pada power suplay. Namun sebelum itu, b+ perlu dicek dengan keadaan tidak ada beban atau dengan mecopot solder pada kaki b+ flyback. Jika b+ normal berarti flyback short.
  • Pada beberapa tv yang memiliki sistem kerja standby hampir sama yaitu diprogram dari IC utama jika menggunakan IC tunggal. Untuk itu ketika blok b+ normal atau drop IC tunggal juga bisa menjadi penyebabnya.
  • Cari data site dimana letak titik standby power berada, jika pada kaki tidak ada tegangan berarti IC nya mati. Namun periksa juga suplay IC utama terlebih sebelum memfonis IC utama. karena seperti yang kita tahu bahwa IC ini harganya sangat mahal.

Kesulitan memperbaiki tv mati standby mungkin akan terasa ketika IC utama menggunakan IC tempel seperti pada Polytron slim, dan itupun kalau kita mampu mencari gantinya.

Jadi pikir dua kali ketika menemui kerusakan pada IC ini. Ini merupakan pengalaman yang pernah saya alami jadi perlu dikoreksi jika informasi yang saya samapikan salah.

Akhir Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Memperbaiki TV Mati Standby Dan Penyebabnya, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar