Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Indikator Aki yang Tidak Menyala

Apakah kalian pernah merasakan ketika masuk ke dalam kendaraan kesayangan kalian, tetapi lampu indikator pada dashboard tidak menyala sama sekali? Jika pernah maka kalian tidak perlu khawatir, hal ini bukanlah masalah yang besar. Karena, kejadian seperti ini sudah sering sekali terjadi pada beberapa kendaraan roda empat. Lalu apakah penyebab dari lampu indikator aki yang tidak menyala? Simak ulasannya berikut.

 

Penyebab Lampu Indikator Aki tidak Menyala

Berbincang tentang sistem kelistrikan pada kendaraan roda empat, maka salah satu masalah yang harus diantisipasi adalah lampu indikator aki di dashboard tidak menyala.

Masalah seperti ini memang seing kali terjadi pada kendaraan yang sudah berumur lama. Hal ini berkaitan erat dengan kualitas dari perangkat kelistrikan yang dimilikinya mulai menurun.

Meski demikian, kalian sebagai sang pemiliknya harus mengetahui juga apa yang harus dilakukan ketika hal ini terjadi. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah tetap tenang, jangan panik dan tetap berpikiran jernih.

Supaya kalian tidak merasa panik, cobalah untuk memeriksa keadaan beberapa komponen engine kendaraan apakah masih baik-baik saja atau terdapat masalah.

Jika kalian tidak menemukan permasalahan yang menyebabkan lampu indikator aki mati, maka dapat dipastikan bahwa hal ini terjadi murni karena umur kendaraan kalian yang sudah tua.

Sebenarnya lampu indikator pada dashboard tidak sekadar untuk aki semata, tetapi ada beberapa komponen lainnya yang ditampilkan pada dashboard kendaraan.

 

Cara untuk Mengatasi Lampu Indikator Aki yang Tidak Menyala

Jika hal seperti ini terjadi kepada kendaraan kesayangan kalian, maka kalian masih bisa mengatasinya dengan cara yang  mudah dan sederhana. Pertama-tama periksa dahulu kondisi aki yang berada di dalam kap mobil.

Jika kalian sudah menemukan area aki dalam kap mobil, langkah selanjutnya yaitu memeriksa apakah terdapat mur atau baut yang longgar dan penjepit kutub aki yang terlepas.

jika ternyata kalian menemukan kejanggalan tersebut maka cobalah untuk mengencangkan mur atau baut tersebut. Pastikan bahwa kutub aki tetap menempel.

Penyebab lain mengapa lampu indikator aki tidak menyala adalah kotoran berupa karat ataupun serbuk putih yang biasa menempel pada kutub aki. Jika masalah ini terlihat, maka segeralah kalian bersihkan menggunakan cairan khusus.

Setelah memeriksa bagian aki, berikutnya adalah memeriksa sekring atau lampu check engine yang berada di dalam kop mobil. Agar dapat memeriksanya, cobalah untuk meminjam Engine Control Unit atau ECU dari kendaraan lain untuk mengetahui lampu sekring masih bisa menyala atau tidak.

Jika sekring tidak ada masalah, maka selanjutnya adalah memeriksa keadaan kabel di dalam engine mobil. Terlebih lagi lampu indikator mobil ini mempunyai hubungan erat dengan aspek kelistrikan. Jadi, jika keadaan kabel terputus, tentunya akan mengganggu aliran listrik menuju lampu indikator di dashboard. Cara untuk mengatasi lampu indikator aki yang tidak menyala ini juga bisa dilakukan oleh teknisi.

Meskipun masalah lampu indikator pada dashboard mati ini tidak terlalu berat, tetapi kalian harus tetap memperhatikannya untuk mengontrol supaya keadaan komponen engine berada dalam kondisi yang baik-baik saja.

Jika kalian masih awam dalam mengenai seluk beluk komponen kelistrikan pada kendaraan kesayangan, maka kalian mencoba untuk membawanya menuju bengkel terdekat ataupun tempat servis resmi untuk mengatasi masalah ini.

Dan itulah Penyebab dan cara mengatasi lampu indikator aki yang tidak menyala.

Check Also

Berapa Umur Aki Basah Rata-Rata Untuk Mobil Dan Motor

Berapa Umur Aki Basah Rata-Rata Untuk Mobil Dan Motor

Umur Aki Basah | banyak orang yang masih bingung mengenai berapa lama sebenarnya umur aki …