Cara Memperbaiki TV China Mati Standby

Cara Memperbaiki TV China Mati Standby

Cara Memperbaiki TV China Mati Standby – Standby pada kasus TV China memiliki ciri lampu indikator standby menyala tapi TV tidak bisa melakukan start.

Pengalaman yang pernah saya alami dari beberapa kasus kerusakan pada TV China yang mati standby terkadang ada yang menipu. Jadi ketika TV dinyalakan TV terlihat seperti standby, tapi ternyata tegangan normal semua dan disinilah pengalaman kita diuji.

Cara Memperbaiki TV China Mati Standby

Untuk memperbaiki tv china yang mati standby jika gejalanya sperti itu saya biasanya memutar adjust screen pada flyback. Kemudian akan terlihat pada layar bagaimana kerusakan yang dialami pada TV tersebut seperti dilayar muncul satu garis vertikal dan horisontal saja.

Jika sudah seperti itu maka akan terlihat bagian blogk mana yang bermasalah, misal satu garis vertikal berarti masalah ada pada blok horizontal, hal ini biasanya ditandai dengan flyback tidak mengeluarkan bunyi atau diam saja. Ini disebabkan oleh sinyal oscilator horizontal mati, sehingga demper pembangkit horizontal tidak dapat bekerja.

Jika hanya satu garis horizontal berarti komponen blog vertikal terdapat kerusakan, namun jika terjadi kerusakan pada vertikal flyback terkadang masih bisa bekerja. Dan terdengar dengungan flyback bekerja kecuali IC vertikal short maka biasanya semua tegangan akan drop.

TV china yang standby tegangan drop

Normalnya TV standby memang dibuat menjadi seperti itu yaitu tegangan diturunkan semua. Jika di remot pada power, tegangan akan kembali naik seiring perintah dari IC CPU. Namun ketika dinyalakan tegangan tidak bergerak sama sekali itu berarti perintah tidak sampai ke power suplay.

Sehingga menimbulkan pertanyaan bahwa kerusakan terjadi pada transistor yang berfungsi sebagai saklar bermasalah. Jika di rangkaian di TV WCOM transistor ini sering dihandle oleh c1815, dan c945 yang dekat rangkaian blok audio. Bagi yang menggunakan IC pem filter tegangan 7812 dan 7805 periksa masing masing output terutama pada IC 7805, untuk menyuplai IC cpu.

Tv china yang Standby kadang bisa hidup kadang tidak bisa start kadang akan mati sendiri.

Permasalahan ini biasanya di sebabkan oleh Elco yang melembung dan kering pada bagian output regulator berukuran 100uf / 160v, 47uf 150v, 1000uf / 35v, 470uf / 35v. Jika dilihat secara kasap mata akan terlihat Elco yang mengembang pada bagian atas body Elco. Maka segera ganti Elco tersebut dan langsung cling.

Akhir Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Memperbaiki TV China Yang Mati Standby, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.