Cara Memperbaiki Tv Tabung Untuk Pemula

Cara Memperbaiki Tv Tabung Untuk Pemula

Cara Memperbaiki Tv Tabung – Dengan melihat masyarakat yang rata rata memiliki tv, membuat jasa reparasi tv sangat menguntungkan. Perbaikan peralatan elektronik dari tahun ke tahun akan semakin meningkat dengan melihat peluang pasar saat ini jasa reparasi tv memiliki persaingan masih sedikit.

Peluang jasa reparasi tv akan tetap bertahan dengan kemauan untuk mau mengambil peluang, itulah yang membuat kita akan semakin berkembang di bidang wirausaha.

Bukan hanya perangkat tv, karena biasanya jika memiliki ketrerampilan dalam memperbaiki tv baik itu TV tabung CRT Atau LCD, pasti kita juga mampu memperbaiki perangkat lainya seperti parabola, speaker aktif dan peralatan elektronik lainnya.

Sebelum masuk ke tahap memperbaiki tv,sebaiknya jika kamu memang sudah memiliki keteramplilan atau pengetahuna dasar dalam elektronika agar lebih mudah saat mengenali bagian blok dalam televisi.

Cara Memperbaiki Tv Tabung berdasarkan kerusaknya

Dimasyarakat terdapat dua tv jenis yaitu tv layar tabung dan LCD atau LED. Kali ini saya akan membahas tentang tv CRT. Berikut ini saya akan memberitaukan banyak kerusakan tv dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit pada tv CRT atau tabung.

  1. TV Yang mati total

Gejala Tv mati total biasanya ditandai dengan tv yang tidak bisa dihidupkan. Pertama periksa kabel pada perangkat tv apakah masih bagus atau ada yang putus.

Ketika tv dinyalakan MCB rumah akan langsung anjlok biasanya permasalahan ada pada bagian power suplay atau bisa juga daya listrik dirumah kamu mengalami kekurangan daya untuk menyalakan tv CRT.

  1. Rusak dengan hanya ada satu garis horizontal (atau garis datar)

Gejalanya layar gelap dan hanya tersisa satu garis melintang pada tengah layar. Pada merek Polytron U slim series sering diawali dengan gejala protek jika kerusakannya seperti ini.

Pada jenis tv lain ada yang secara terang-terangan menunjukan gejala tanpa standby. Ini biasanya sering terjadi pada tv china dan sejenisnya.

Servis tv dengan gejala seperti ini sangat mudah, pertama solder ulang dan mengganti semua Elko pada blok IC vertikal. Jika tidak membuahkan hasil gunakan multitester cari jalur dari arah ac matic yang menuju IC vertika apakah normal, jika Volt menunjukan drop permasalahan bisa diprediksi 2 hal, IC short atau tegangannya memang bermasalah.

Tegangan IC vertikal tv berkisar diantara 24 hingga 27 volt, cek komponen pendukung IC vertical terutama Elco dan dioda yang terletak di area blok vertical. Elektrolite condensator sering kali terjadi short atau kering, dan nilai capasitas filternya semakin berkurang

Cek defleksi yoke yang berfungsi pembelok vertikal. Cara pengecekkannya arahkan multitester pada ohm meter ukuran 1 kali. Cabut kabel yang terhubung dengan blok vertikal dan defleksi yoke.

Arahkan probe merah dan hitam tester pada lilitan vertikal. Krusakan defelksi yoke jarang terjadi jika gejalanya adalah satu garis horizontal

IC Vertikal mati

Jika semua komponen sudah normal dan voltage setandarnya 27 Volt maka coba ganti IC vertikal dengan yang asli atau tipe yang sama sesuai dengan nomer seri atau data sitenya.

  1. Layar tv tabung rusak dengan satu garis vertikal

Kerusakan dengan Layar gelap dan hanya meyisakan garis terang ditengah layar dari atas ke bawah. Perlu diketahui jika kerusakan seperti ini biasanya dikarenakan oleh blok bagian horizontal tv.

Jangan terbalik ketika mereparasi tv dengan gejala cacat layar. Dengan indikasinya :

Jika layar hanya menampilkan satu garis vertikal berarti permasalah pada bagian horizontal.

Dan gejala satu garis horisontal pada layar berarti terjadi kerusakan pada blok vertikal.

Ini penting untuk diketahui agar tidak salah dalam memfonis sebuah kerusakan tv. Garis vertikal pada layar cara penanganannya sbb:

Pertama periksa defleksi yoke menggunakan ohm meter dengan keadaan netral atau tidak terhubung oleh tegangan dan terhubung dengan board utama tv. Untuk itu sebelum pemeriksaan pada bagian defleksi yoke lepas semua kabel dari moboard.

Tanda jika defleksi yoke ini normal adalah jika diukur menggunakan ohm meter 1 kali maka jarum akan bergerak penuh dan tersisa 1 hingga 3 ohm hambatan.

  1. TV rusak dengan gambar pelangi pada layar

Gejala ini sering dihubungkan dengan kedekatan tv terhadap magnet. Akibatnya fosfor warna pada televisi akan tertarik pada satu titik yang dekat dengan magnet atau juga bisa terdorong oleh radiasi magnet. Ini sering dialami oleh pengguna tv yang meletekan speaker berdekatan dengan tv CRT.

Terdapat flek pelangi muncul tapi tidak ada magnet didekatnya, apa penyebabnya?, Ini mungkin lebih mengarah ke teknik reparasi mesin tv yang sesungguhnya, yaitu memahami rangkaian penangkal medan magnet pada tabung CRT atau juga disebut dgausing.

Jika rangkaian dgausing Rusak biasanya akan mengakibatkan layar tv terdapat flek pelangi meski tidak ada magnet speaker didekatnya. Perlu diketahui bahwa sebagian tabung layar tv CRT terutama yang slim jika tidak lindungi oleh rangkaian dgausing akan terkena dampak dari magnet dari bumi atau disebut juga magnet liar disekitaran televisi.

Fugsi blok dgausing sebagai penghilang pengaruh magnet, hal ini terbukti pada beberapa kejadian, ketika tv dinyalakan terdapat flek pelangi, tapi setelah tv bekerja beberapa lama flek tadi hilang, ini terjadi bila rangkaian dgausing normal.

Bila ada keruskan pada penangkal ini, flek tadi tidak akan menghilang selama rangkaian degausing tidak diperbaiki.

  1. TV rusak dengan layar gelap atau redup

TV rusak layar gelap atau redup, Gejalanya layar gelap walau kecerahan sudah diatur maksimal, sebagian orang mengira bahwa ini kerusakan terjadi pada crt tabung gambar.

Namun bila belum mengecek dengan pasti ini tidaklah dibenarkan oleh teori. Pengalaman dan teori berbicara jika layar redup pada tv CRT bisa saja disebabkan lain hal seperti:

  • abl tidak ada tegangan.
  • terjadi kemoloran pada resistor pembatas heater,
  • flyback rusak,
  • tegangan b+115volt drop,
  • tegangan video180v drop,
  1. Tv rusak mati standby

Kerusakan tv yang paling rumit adalah ketika tv mati standby tidak bisa start, hal ini disebabkan karena sistem standby pada masing masing merek tv berbeda. Sehingga kita harus mempelajari sistem protek yang digunakan pada merek merek tertentu dengan cara mengamati sekema rangkai pada blok standby atau mencari referensi.

  1. Kerusakan beberapa detik langsung standby

Kerusakan ini disebut dengan kerusakan protek, kerusakan tv dengan gejala protek terjadi pada beberapa merek tv keluaran baru.

Memperbaiki tv yang protek sebenarnya mudah, dengan syarat kamu memiliki pengetahuan tentang komponen elektronik.

Jika terjadi pada tv Polytron sangat mudah sekali ditangani kamu tinggal mengganti Elco 1 uf 50v pada blok IC vertikal tv.

Namun jika tv protek terjadi pada tv Sharp agak sedikit rumit, kamu harus searching dan mempelajari secara khusus.

  1. Layar tv terdapat garis pada bagian atas layar

Ini menandakan adanya kerusakan pada blok vertikal terutama pada komponen Elko yang berfungsi sebagai pump up 100uf 50v, atau juga bisa menggunakan 470uf 50v tergantung pada merek tv.

Jika kamu beruntung akan terlihat dibagian blok vertikal terdapat Elko yang membesar atau pada bagian kaki Elko berjamur.

Secara pasti untuk mengeceknya harus menggunakan tester Elko atau ohm meter. Mengecek menggunakan multi tester pada ohm meter hanya akan menunjukan bahwa Elko tidak kering untuk nilai yang lebih akurat bisa gunakan ESR meter digital atau juga bisa menggunakan uf meter.

  1. TV Polytron rusak layar gelap hanya dan layar pelangi

Kerusakan pada tv Polytron yang satu ini sering terjadi pada tv Polytron dengan tipe u slim series. Kerusakan ini diawali dengan gejala protek tapi terkadang tidak.

Jika protek langsung menuju pada koponen vertikal, ukur tegangang penyuplay IC vertikal +-12 volt dari output flyback ke IC vertikal. Pada jalur tersebut ada sebuah resitor pembatas yang berukuran 100 ohm, elko ukuran100 uf 35 volt, dan dioda penyearah.

Komponen tersebut ini sering menyebabkan tv layar gelap dan hanya terlihat pelangi. Hal ini disebabkan oleh tegangan IC vertikal drop, sehingga IC vertikal tidak bekerja dengan baik.

Untuk itu pemeriksaan pada jalur output flyback min 12 dan plus 12volt harus diperiksa secara lebih teliti. Jika tegangan tidak muncul pada kaki flyback tapi flyback sudah bekerja berarti ada kerusakan pada flyback

  1. Transistor horizontal jebol terus

Ada satu kejadian saat penggantian transistor horizontal pada tv CRT langsung jebol ketika tv dinyalakan.

Bahkan sampai perlu mengganti beberapa kali dengan yang baru tapi tetap saja masih terdapat kerusakan yang sama.

Ini terjadi karena bukan transistor horizontalnya tapi komponen yang berkaitan di sekitarnya.

  1. Gambar blur

Gambar blur pada saat pertama kali tv dihidupkan dan kembali normal setelah beberapa lama, permasalahan ini biasanya disebabkan karena kerusakan pada sistem fokus pada tabung yang bermasalah entah itu kabel fokus korosi, soket berkaratan, atau bahkan tabung gambar bisa saja rusak.

  1. Cara Memperbaiki tv yang warnanya rusak

kerusakan pada bagian warna sering dialami oleh tv yang sudah lama, perbaikan dapat dilakukan pada beberapa bagian diantarnaya:

  • Solderan Blok RGB ( terdapat retak atau tidak )
  • Soket CRT ( mengalami korosi atau tidak )
  • tegangan video ( drop atau tidak )
  • transistor RGB ( short atau tidak )

Di komponen komponen tersebut sering ditemui beberapa gejala diantaranya:

  • Tv dominan warna merah
  • Tv dominan warna biru
  • Tv dominan warna hijau

ketiganya adalah pemicu Kerusakan RGB  terutama jika salah satu katoda mengalami short ke screen. Atau bisa juga transistor RGB itulah yang mengakibatkan tv dominan pada satu warna.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang Cara Memperbaiki Tv Tabung Untuk Pemula, jika informasi yang kami bagikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …