Cara Membuat Power Supply Amplifier

Cara Membuat Power Supply Amplifier – Pada laman kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat Power Supply untuk amplifier yang menggunakan CT. Karena power amplifier ada beberapa jenis tegangan, ada yang menggunakan suplay CT dan  menggunakan NO CT. sehingga bagi pemula akan sangat membingungkan.

Cara Membuat Power Supply Amplifier

Yang akan kita bahas kali ini yaitu membuat Power Supply untuk power ampli CT atau 0, atau yang sering digunakan pada jenis power amplifier berdaya tinggi seperti seperti model ocl 150 watt.

Namun sebelum merakit kita harus mengetahui aturan yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Pemasangan Elko tidak boleh terbalik karena Elko merupakan komponen berpolaritas, sehingga jika pemasangan terbalik akan mengakibatkan kerusakan pada Elko. Bahkan bisa MELEDAK. untuk memahami plus dan minusnya secara fisik bisa dilihat, pada pol min yang ditandai dengan cat putih di bodynya, sedangkan yang tidak dicat berarti plus.
  2. Pemahaman jalur plus dan min jangan sampai terbalik, Jika terbalik dalam pemasaman dioda maka biasanya juga berdampak pada Elko yaitu rusaknya Elko. Jika perakitan langsung disambung ke power ampli biasanya akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada transistor final atau transistor driver. Pada body dioda keprok atau dioda kotak biasanya akan tercantum plus dan min pada lambang [ ~ ] untuk jalur AC atau yang disambung ke trafo.

Berikut ini sudah saya gambarkan dari kedua jenis Power Supply. Pada dasarnya keduanya sama, tapi hanya saja komponen yang dibutuhkan berbeda ukuran dan jumlah Elko.

  1. Power Supply untuk 25,/ct0,25

Ini biasanya digunakan pada power amplifier berdaya rendah, misal speaker aktif dan sejenisnya yang menggunakan power ampli jenis OCL. Sehingga teganganya menggunakan CT.

Trafo yang menggunakan 3A tegangannya menggunakan 25v CT. Elko yang digunakan adalah 4700uf 50v, dioda 5A bridge model kotak.

  1. Power Supply Untuk 45V CT

Trafo yang digunakan 10a, dioda 35A model kotak, Elco menggunakan 100000 uf 70v.

Ini sering digunakan pada power amplifier dengan daya yang tinggi. Untuk lebih maksimal lagi bisa menambahkan jumlah Elko misalnya 8 buah Elko dengan posisi pemasangan seperti pada gambar dirakit secara seri dan paralel.

Teknik ini dari dulu sampai sekarang masih belum berubah. Terlihat pada beberapa kesempatan pada perakitan jaman dahulu model power suplay amplifier CT masih sama seperti digambar. Tapi yang menjadi perbedaan yaitu dulu merakitnya tidak menggunakan dioda model kotak. Menggunakan dioda biasa yang dirakit dengan cara manual. Berikut model jadulnya,

Ini adalah seri dalam merakit power amplifier. Untuk tahapan selanjutnya adalah merakit transistor final dengan cara parallel.

Akhir Kata

Nah demikian Cara Membuat Power Supply Amplifier, jika informasi yang kami sampikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar