Rangkaian Power Supply 

Rangkaian Power Supply Sederhana

Rangkaian Power Supply – Power supply di dalam rangkaian elektronika adalah bagian terpenting yang tidak bisa dipisahkan. jika diibaratkan adalah bagian yang menyuplai energi Agar suatu Rangkaian elektronika dapat bekerja dengan semestinya. kali ini solderpanas.com akan membahas tentang rangkaian power supply sederhana dan merupakan yang paling dasar di dalam sebuah rangkaian power supply.

Skema power supply sederhana ini ini tersusun dari beberapa komponen elektronika seperti  transformator, penyearah dan juga filter. komponen-komponen tersebut memiliki fungsinya  masing-masing yang saling berkaitan. di dalam sebuah rangkaian power supply sebenarnya yang terbaik adalah yang berasal dari baterai, karena jika power supply yang terbuat dari baterai tidak memiliki dengung yang berasal dari tegangan arus AC.

Namun baterai memiliki kelemahan kapasitasnya yang terbatas, sehingga hal ini membuat banyak orang  berasal dari tegangan PLN, karena tegangan dari PLN kapasitasnya tidak terbatas dan dapat terus tersambung ke dalam jaringan listrik jika komponen yang digunakan yang berkualitas.

Rangkaian Power Supply 

Rangkaian Power Supply 

Skema power supply kayak yang diarahkan gambar diatas terdiri dari bagian penurun tegangan( step- down), penyearah, serta penapis. Transformator ataupun trafo T1 berperan buat merendahkan tegangan listrik PLN 200Volt AC jadi tengangan kecil AC yang di idamkan. Dalam perihal ini ilustrasi rangkaian diatas merupakan memakai output trafo 12Volt AC.

Sehabis tegangan AC 220 Volt diturunkan jadi 12V, berikutnya tegangan AC ini disearahkan dengan memakai 4 buah dioda silikon. Dioda silikon ini hendak menyearahkan tegangan AC jadi DC. Spesial buat kebutuhan penyearahan( rectifier), keempat buah dioda ini bisa ditukar dengan dioda bridge. Pada dioda bridge keempat buah dioda yang berperan selaku penyearah telah di kemas dalam satu bungkusan yang pada umumnya dioda bridge ini berupa kotak.

Baca Juga :  Rangkaian Pengatur Pompa Air Otomatis

Sehabis disearahkan dengan dioda, arus output AC dari trafo telah berganti jadi DC, tetapi arus DC pada output dioda sedang tidak asli sebab setengah fasa positif dari tegangan AC turut pergi. Buat menanggulangi perihal ini, dipakai suatu kapasitor Elco( electrolit condensator) yang hendak merendahkan pucuk fasa dari deka- positif yang pergi dari dioda.

Dampak dari pemasangan elko itu selaku penapis, tegangan DC hendak jadi lebih lembut serta bersih, tetapi konsekuensinya dampak dari pengisian serta pengosongan elko hendak menaikan tegangan yang asalnya 12 VAC jadi dekat 16 VDC.

Sehabis melampaui penapis, rangkaian ini telah bisa dipergunakan buat kebutuhan biasa semacam motor DC arus kecil, radio, amplifier, serta lain- lain. Supaya tegangan output bisa diubah- ubah cocok dengan keinginan, bisa dipakai saklar selektor putar( rotate selector) yang dipasang antara output transformator dengan dioda penyearah alhasil tegangan output bisa diganti cocok dengan yang di idamkan misalnya 3V, 6V, 9V, 12V serta 15V.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *