Contoh perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah

Contoh perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah …

Jawaban :

Tolong-menolong antar sesama, Menghormati orang tua dan guru, Tidak memilih-milih teman, Berani membela kebenaran dan keadilan, Tidak semena-mena terhadap orang lain.

Penjelasan :

Pancasila memiliki kedudukan yang sangat penting, karena merupakan dasar dan landasan ideologi bangsa Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945.

Saat itu, Presiden pertama RI tersebut mengemukakan konsep Pancasila dalam pidatonya di sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) menjelang kemerdekaan.

Pancasila terdiri dari 5 sila. Bunyi sila kedua dari pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradap. Masing-masing sila dari Pancasila memiliki -nilai dan maknanya yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh perilaku yang sesuai dengan sila ke 2 dari pancasia:
– Tolong-menolong antar sesama,
– Menghormati orang tua dan guru,
– Tidak memilih-milih teman,
– Berani membela kebenaran dan keadilan.
– memiliki semena-mena terhadap orang lain

Dengan demikian, contoh perilaku yang yang sesui dengan sila ke-2 yaitu: Tolong-menolong antar sesama, Menghormati orang tua dan guru, Tidak memilih-milih teman, Berani membela kebenaran dan keadilan, Tidak semena-mena terhadap orang lain.

Check Also

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya …. A. Jakarta Informal Meeting B. Pasukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.