Cara Merakit 2 LNB Parabola C-band

Cara Merakit 2 LNB Parabola C-band

Cara Merakit 2 LNB Parabola C-band – Merakit LNB parabola merupakan kunci keberhasilan dalam melakukan pencarian menggunakan 2 LNB atau lebih. Jika perakitan terdapat kesalahan maka sinyal akan saling tarik menarik antar satelit. Akan lebih mudah jika hanya menggunakan satu LNB dibandingkan menggunakan 2 LNB.

Berikut ini saya akan sedikit berbagi tips cara merakit 2 LNB yang sering saya lakukan pada saat pemasangan parabola.

Cara Merakit 2 LNB Parabola C-band

Pertama, yang perlu diperhatikan saat merakit LNB adalah jenis LNB yang akan kamu rakit dan parabola yang akan dipasang. Karena terkadang orang salah kaprah saat ingin memasang parabola. Misalnya parabola jaring jenis C band malah dipasang LNB jenis kuband. Ya memang bisa tetapi harus paham bagaimana tata letaknya. Karena jenis parabola Cband sangat berbeda dengan Kuband.

Arah titik 0° pada LNB harus sejajar

Artinya bahwa tulisan yang berada pada atas LNB menunjukan sudut arah LNB harus lurus pada 0° supaya memudahkan ketika tracking supaya semua transponder dapat tertangkap pada polaritas horisontal dan vertical.

Jarak antar LNB

jika kita merakit 2 LNB untuk menangkap siaran palapa D dan Telkom 4 harus memperhatikan agar tidak terjadi sinyal tarik menarik. Jarak antar kedua LNB yang biasa saya rakit adalah 2 setengah jari atau sekitar 3 hingga 4 cm dari body LNB tergantung jenis dish yang digunakan.

Untuk kedalaman, itu tergantung cekungan payung atau biasanya kedalaman LNB sudah diperhitungkan oleh pihak pabrik pembuat dish yaitu ketinggian tiang fokus. Biasanya saya meletakan kedalaman pada 38 yang tertulis dibody LNB untuk dish merek SOCCER dan kawan kawan. Dan terbukti sinyalnya tertangkap semua.

Karena letak satelit sekarang sudah berpindah maka sekarang letak Telkom 4 berada pada LNB 2  dan palapa D berada pada LNB 1. Maka ketika saat merakit konektor ke DSEG harus disamakan dengan program receiver yaitu :

DSEG 1 pada switch ditempati oleh satelit Palapa D yang berada di arah barat, dan TELKOM 4 berada di DSEG 2 berada di timur.

Karena merakit 2 LNB merupakan penentu keberhasilan tracking sinyal, pada tahap perakitan diperlu perhatikan secara seksama, agar mempersingkat waktu saat pencarian sinyal.

Supaya lebih cepat dalam tracking, usahakan LNB sejajar dengan baut penyangga kearah timur dan barat. Dan perlu diingat bahwa LNB1 berada pada posisi barat LNB2.

Akhir Kata

Nah sekian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Merakit 2 LNB Parabola C-band. Jika bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.