Tuliskan kisah Uwais Al-Qarni!

Tuliskan kisah Uwais Al-Qarni!

Jawaban:

Kisah Uwais al-Qarni adalah sebagai berikut:

Uwais al-Qarni merupakan seorang pemuda Yaman biasa yang namanya sangat terkenal di langit. Ia merupakan pemuda miskin yang sangat ingin berjumpa dengan Rosulullah, bahkan ia meminta izin kepada ibunya untuk berangkat dari Yaman menuju Madinah demi untuk bertemu Rosulullah, akan tetapi ketika ia tiba di Madinah ternyata ia hanya bertemu dengan istri Rosulullah, Aisyah. R.A, karena Rosulullah sedang pergi berperang. Sebelum berangkat untuk menemui nabi Muhammad, ibunya Uwais berpesan agar Uwais tidak berlama-lama di Madinah dan segera pulang ke Yaman, karena teringat dengan pesan ibunya, ia pun memutuskan untuk pulang ke Yaman tanpa menunggu Rosul terlebih dahulu.

Kisah keteledanan Uwais al-Qarni salah satunya adalah ketika ibunya yang sudah tua pun lumpuh memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah haji, karena ia merasa bahwa hidupnya tidak akan lama lagi, akan tetapi, kondisi yang dihadapi Uwais serba sulit, karena ia hidup dalam kemiskinan dan tidak mempunyai biaya untuk membeli unta ataupun keledai dan untuk membiayai perbekalan selama di perjalanan yang melintasi gurun pasir yang tandus. Uwais pun berpikir dan memutuskan untuk membeli seekor anak lembu, dimana kandang lembu tersebut dibuat jauh di atas bukit.

Setiap hari Uwais menggendong lembu tersebut turun naik bukit hingga lembu tersebut besar dan mencapai berat 100 Kg, rutinitas tersebut dimaksudkan Uwais sebagai sebuah latihan agar ia kuat untuk menggendong ibunya berjalan dari Yaman ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Hal ini ia lakukan sebagai bentuk kecintaannya dan ketaatannya terhadap ibunya.

Uwais menggendong ibunya dari Yaman ke Madinah melintasi gurun pasir yang tandus demi untuk mengahantarkan ibunya untuk melaksanakan ibadah haji, hingga pada saat thawaf, Uwais masih tetap menggendong ibunya dan berdoa agar Allah mengampuni dosa-dosa ibunya, lalu ibunya bertanya, bagaiamana dengan dosamu? Uwais menjawab “Dengan terampunnya dosa Ibu, maka Ibu akan masuk surga. Cukuplah ridho dari Ibu yang akan membawa aku ke surga.”

✅Baca Juga :  Husain(cucu Rasulullah SAW) meninggal karena?

Kisah Uwais yang begitu cinta dan berbakti kepada ibunya tersebut diketahui oleh Rosulullah, dan Rosul pun mengatakan kepada para sahabat bahwa Suatu ketika apabila kalian bertemu dengan dia (Uwais), mintalah doa dan istighfarnya, dia adalah penghuni langit dan bukan penghuni bumi”.Umar dan Ali bin Abi Thalib sangat penasaran dan ingin bertemu dengan Uwais hingga akhirnya mereka bertemu dengan Uwais.

Leave a Reply

Your email address will not be published.