Nabi Ayyub A.S. wafat pada usia?

Nabi Ayyub A.S. wafat pada usia?

Jawaban:

Nabi Ayyub A.S. wafat pada usia 93 Tahun

Pembahasan:

Allah mengutus para Nabi dan Rasul untuk menyeru manusia dalam ketaatan kepada-Nya. Selain itu, para Nabi dan Rasul juga diutus untuk menjadi teladan bagi umat manusia. Salah satu Nabi yang dapat menjadi panutan perihal kesabaran saat menghadapi ujian adalah Nabi Ayyub.

Nabi Ayyub alaihissalam hidup pada tahun 1420—1540 SM. Beliau berasal dari Romawi. Beliau diutus Allah untuk menyeru kaumnya, yaitu masyarakat di daerah Huran (sekitar Yordania dan Syiria), agar menyembah Allah.

Awal mulanya Nabi Ayub as sangat kaya dan terhormat dan juga memiliki istri dan anak-anak. Namun Allah menguji Nabi Daud dengan penyakit kulit dan juga Allah mengambil semua hartanya. Istri dan anak-anak Nabi Ayyub tidak mau menerima Nabi Ayyub, akhir nya Nabi Ayyyub pergi dari rumahnya. Nabi Ayyub menerima semua cobaan dari Allah dengan penuh kesabaran.

Atas kebaran Nabi Ayyub, terakhir Allah menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub dan juga mengembalikan harta kekayaannya.

Al-Qur’an tidak menyebutkan kehidupan Ayyub setelah sembuh. Ibnu Katsir menyebutkan bahwa dia berwasiat agar putra-putranya melanjutkan tugasnya dalam berdakwah. Disebutkan bahwa putranya bernama Haumal dan Bisyr. Bisyr kerap disamakan dengan Nabi Dzulkifli. Sebagian ulama menyebutkan bahwa Ayyub wafat pada usia 93 tahun, meski ada yang mengatakan bahwa usianya lebih dari itu.

Tinggalkan komentar